Kompas TV internasional kompas dunia

Ilmuwan Temukan Situs Jejak Dinosaurus Terluas di China

Kamis, 4 Maret 2021 | 21:49 WIB
ilmuwan-temukan-situs-jejak-dinosaurus-terluas-di-china
Ahli paleontologi menemukan jejak kaki hadrosaur di cluster jejak dinosaurus Zhaojue. (Sumber: Global Times/ Xing Lida)

BEIJING, KOMPAS.TV - Sebuah tim riset internasional pada Kamis (04/03/2021) mengumumkan mereka telah menemukan sebuah situs dengan lebih dari 900 fosil jejak dinosaurus dan mencakup area seluas 9.000 meter persegi, situs jejak dinosaurus terluas yang pernah ditemukan di China.

Situs jejak dinosaurus ini terletak di sebuah tambang tembaga di wilayah Zhaojue, Provinsi Sichuan, China barat daya, seperti dilansir Xinhua, Kamis (04/03/2021). 

Dari 2017 hingga 2019, pakar paleontologi dari China, Amerika Serikat, dan Jerman melalui kerja lapangan atau menggunakan teknologi drone mengenali setidaknya 933 jejak dinosaurus yang berusia 100 juta tahun di situs tersebut, termasuk jalur jejak sauropod dan ornithopod terpanjang yang pernah tercatat di China, masing-masing sepanjang 80 meter dan 52 meter.

Para ilmuwan meyakini bahwa jejak tersebut dibuat oleh 68 ekor dinosaurus. Jejak paralel ornithopod juga ditemukan di situs itu. Ini mengindikasikan bahwa ornithopod, yang sebelumnya diperkirakan sebagai hewan penyendiri, ternyata hidup secara berkelompok.

Baca Juga: Fosil Tertua Titanosaurus atau 'Dinosaurus Ninja' Ditemukan di Argentina

Dari 2017 hingga 2019, pakar paleontologi dari China, Amerika Serikat, dan Jerman melalui kerja lapangan atau menggunakan teknologi drone mengenali setidaknya 933 jejak dinosaurus yang berusia 100 juta tahun di situs tersebut, termasuk jalur jejak sauropod dan ornithopod terpanjang yang pernah tercatat di China, masing-masing sepanjang 80 meter dan 52 meter (Sumber: Xing Lida)

Para ilmuwan juga menemukan tiga situs jejak dinosaurus yang lebih kecil namun penting. Ketiga situs kecil tersebut ditemukan di dekat situs luas sejak 1990-an, sehingga mengimbuh jumlah jejak yang bisa dikenali di Zhaojue menjadi 1.928.

Temuan ini telah dipublikasikan dalam jurnal internasional Geoscience Frontiers pada akhir Februari lalu.

"Kumpulan jejak dinosaurus yang begitu beragam menjadi sampel yang luar biasa untuk mempelajari fauna dinosaurus era Cretaceous di area ini," tutur Xing Lida, penulis utama sekaligus peneliti dari Universitas Ilmu Bumi China.

Xing juga menyampaikan bahwa kegiatan penambangan telah memicu penemuan rekor-rekor baru, tetapi juga menyebabkan sejumlah kerusakan di situs tersebut.

Baca Juga: Wow, Gadis Kecil Ini Temukan Jejak Kaki Dinosaurus Berusia 200 Juta Tahun dalam Kondisi Baik

Dari 2017 hingga 2019, pakar paleontologi dari China, Amerika Serikat, dan Jerman melalui kerja lapangan atau menggunakan teknologi drone mengenali setidaknya 933 jejak dinosaurus yang berusia 100 juta tahun di situs tersebut, termasuk jalur jejak sauropod dan ornithopod terpanjang yang pernah tercatat di China, masing-masing sepanjang 80 meter dan 52 meter (Sumber: Xing Lida)

Penulis : Edwin Shri Bimo

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:06
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19