Kompas TV regional berita daerah

Muhammadiyah Telah Tetapkan Awal Ramadan, Diprediksi Sama Dengan Pemerintah

Kompas.tv - 4 Maret 2021, 17:46 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Selatan menyatakan satu ramadan 1442 hijriah ditetapkan pada selasa 13 april mendatang sesuai keputusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Penentuan satu ramadan ini berdasar hasil hisab yang disebut Muhammadiyah bahwa kondisi bulan pada senin malam di tanggal 12 april mendatang  berada diatas ufuk dengan ketinggian tiga derajat.

Baca Juga: MUI Sebut Vaksinasi Sebagai Ibadah, Pj Gubernur Kalsel Inginkan Vaksinasi Berskala Besar

Saat ini pemerintah memang belum menetapkan tanggal pasti satu Ramadan.

Hal tersebut antaran menunggu hasil sidang isbat.

Kendati demikian Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Selatan, Tajuddin Noor, memastikan akan sama dengan pemerintah yang kerap menggunakan metode rukyatul hilal atau melihat bulan diatas dua derajat.

“Karena bulan itu tinggi 3 derajat akan sama dengan pemerintah, sebab pemerintah pakai rukhyatul hilal, melihat bulan, dan bila di atas 2 derajat bulan dapat dilihat. Sekarang bulan berada pada senin malam selasa itu 3 derajat lebih,” terangnya.

Baca Juga: Sukseskan Vaksinasi Covid-19, 142 Anggota Kodim 1007/Banjarmasin Disuntik Vaksin

Tak hanya menetapkan satu Ramadan, dalam maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah juga menyatakan satu syawal 1442 hijriah atau hari raya idul fitri jatuh pada 12 mei mendatang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x