Kompas TV nasional berita utama

9 Daerah Rawan Bencana Tahun Ini, Luhut: Koordinasi dan Sinergi, Jangan Ada Ego Sektoral

Kompas.tv - 4 Maret 2021, 16:21 WIB
9-daerah-rawan-bencana-tahun-ini-luhut-koordinasi-dan-sinergi-jangan-ada-ego-sektoral
Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim Luhut Binsar Panjaitan. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ada sembilan wilayah rawan gempa bumi tahun ini.

Luhut mengingatkan agar pemerintah daerah mewaspadai potensi bencana dan tidak menganggap remeh pentingnya upaya mitigasi bencana.

Berdasarkan data potensi zona aktif seisme gap dan distribusi b-value ada 9 zona potensi gempa yang perlu diwaspadai di tahun 2021.

Sembilan daerah tersebut adalah Mentawai, Lampung, Banten, Selatan Bali, Laut Maluku, Aceh, Sorong, Matano, dan Lembang.

Baca Juga: Luhut Minta Pejabat Contohkan Pakai Produk UMKM Lokal

“Saya berharap para Pemda, Gubernur, Bupati, Walikota lihat isi perpres ini. Presiden memberi arahan untuk mewujudkan sinergi antara pemerintah pusat dan seluruh kementerian dan Lembaga,” kata Luhut dalam rapat koordinasi nasional Penanganan Bencana Tahun 2021 yang dilakukan secara daring, Kamis (4/3/2021).

“Ini penting karena pengalaman saya ini, kelemahan di negeri ini, adalah koordinasi dan sinergi. Jangan ada ego sektoral, tanpa ada bantuan lembaga dan kementerian lain anda tidak sempurna kerjanya. Kita harus berkolaborasi,” tegas Luhut.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Indonesia Peringkat Tertinggi Negara Rawan Bencana, Per Hari Ada 9 Bencana

Luhut lebih lanjut meminta daerah-daerah melakukan antisipasi dengan mempelajari bagaimana cara-cara penyelamataan jika bencana terjadi. Seperti halnya yang dilakukan oleh negara Jepang dalam menghadapi potensi bencana. Termasuk belajar kewaspadaan dari gempa dan tsunami dari kejadian di Aceh, Lebak Banten, dan Palu.

“Kewaspadaan terhadap gempa dan tsunami, saya kira juga sudah sudah kita mengalami berkali-kali yang besar itu di Aceh, yang ada tadi di mana di Lebak, di daerah Banten, sudah kita lihat di Palu, kita sudah lihat, sudah banyak yang kita lihat,” katanya. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x