Kompas TV bisnis kebijakan

Susi Bangun Galeri Harta Karun Bawah Laut Saat Jadi Menteri

Kompas.tv - 4 Maret 2021, 12:25 WIB
susi-bangun-galeri-harta-karun-bawah-laut-saat-jadi-menteri
Susi Pudjiastuti di Galeri Benda Muatan Kapal Tenggelam KKP (Sumber: KKP/@reginasafri
Penulis : Dina Karina

JAKARTA, KOMPAS.TV- Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti, mengkritik langkah pemerintah yang mengizinkan asing untuk mencari harta karun bawah laut atau Benda Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) di Indonesia.

Saat Susi masih menjabat sebagai Menteri KKP, bidang usaha pencarian dan pengangkatan BMKT masih tertutup untuk investasi, baik dalam maupun luar negeri. Jika pun ada kapal lokal yang berhasil mengangkat BMKT, tidak boleh diekspor.

Baca Juga: Izin Dibuka, Harta Karun Bawah Laut RI Kini Bisa Digarap Asing

Susi juga pernah menangkap Kapal China yang kedapatan sedang mencuri bangkai kapal karam di Laut Natuna, pada 2017.

Ia juga membangun Galeri BMKT atau Museum Harta Karun Bawah Laut di kantor KKP pada 2017. Museum itu memajang sekitar 2.000 harta karun bawah laut Indonesia yang berhasil diangkat.

Menurut Susi, galeri yang terbuka untuk umum ini menunjukkan pemerintah bisa menyimpan dan merawat harta karun kapal tersebut. Susi pun meminta para kolektor bisa menyerahkan atau menitipkan artefak simpanan pribadinya ke KKP.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Blak-Blakan Ungkap Keanehan Perdagangan Impor Daging Sapi dan Garam

"Artefak atau BMKT ini adalah bagian dari historis kita yang saya pikir harus dinikmati oleh anak bangsa. Jangan cuma jadi koleksi di rumah orang-orang besar," kata Susi saat meresmikan galeri tersebut pada 13 Maret 2017.

Namun sekarang, pemerintah mengizinkan investor asing untuk  mencari BMKT di laut Indonesia. Pengusaha asing bisa mengurus persyaratan dan izinnya ke kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Lewat akun Twitter pribadinya, Susi meminta Presiden Jokowi dan Menteri KKP Wahyu Sakti Trenggono, agar BMKT diangkat dikelola oleh pemerintah. Sebab, menurut Susi Indonesia sudah banyak kehilangan benda bersejarah.

Baca Juga: Soal Isu Kandidat Pilpres 2024, Pengamat: Susi Pudjiastuti Punya “Wow Effect” - ROSI

"Pak Presiden @jokowi & Pak MenKP @saktitrenggono @kkpgoid , mohon dg segala kerendahan hati utk BMKT dikelola & diangkat sendiri oleh pemerintah. Sudah banyak kita kehilangan benda2 bersejarah yg seharusnya jadi milik bangsa kita, " tulis Susi dalam akun Twitter @susipudjiastuti.

Namun menurut Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, ada perizinan dan peraturan ketat yang harus dipenuhi investor. Sehingga pembukaan keran investasi pada bidang-bidang tersebut tidak sembarangan.

"Harus memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan, tidak langsung masuk Online Single Submission (OSS) kemudian izin didapatkan. Tapi harus ada notifikasi dan syarat-syarat itu tidak gampang karena ini bukan barang barang sembarangan. Semakin bagus barang, semakin syaratnya bagus," kata Bahlil dalam konferensi pers virtual, Rabu (03/03/2021).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.