Kompas TV nasional peristiwa

Ingatkan Kemendag, Jokowi: Indonesia Tidak Boleh Jadi Korban Perdagangan Digital Yang Tidak Adil

Kompas.tv - 4 Maret 2021, 11:39 WIB
ingatkan-kemendag-jokowi-indonesia-tidak-boleh-jadi-korban-perdagangan-digital-yang-tidak-adil
Presiden Jokowi saat peresmian pembukaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan Tahun 2021, di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (4/3/2021) (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Jokowi minta perdagangan digital menjadi keharusan untuk dikembangkan dan dikelola sebaik-baiknya. Meski demikian, Jokowi menegaskan transformasi digital harus tetap menjaga kedaulatan dan kemandirian bangsa Indonesia.

“Indonesia tidak boleh menjadi korban perdagangan digital yang tidak adil. Negara-negara lain mengamini, dan kita tidak boleh menjadi korban digital yang tidak adil,” tegas Jokowi saat peresmian pembukaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan Tahun 2021, di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (4/3/2021).

Baca Juga: Targetkan Pertumbuhan Ekonomi 5 Persen, Jokowi Minta Kemendag Berkontribusi Besar Pulihkan Ekonomi

Jokowi lebih lanjut menekankan, perdagangan juga harus mampu meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

“Harus didorong produksi dalam negeri, harus memberikan kemanfaatan semua pihak terutama usaha kecil, menengah, dan usaha rumah tangga. Jangan hanya menambah impor, menambah impor,” tegas Jokowi.

“Saya senang import turun, tapi jangan sampai yang turun itu di barang modal atau bahan baku, yang turun itu dibarang konsumsi, itu bagus. Selalu saya lihat detail di Bea Cukai angka-angkanya setiap hari,” tambah Jokowi.

Dalam kesempatan ini, Jokowi menuturkan Indonesia bukan bangsa yang menyukai proteksionisme karena sejarah membuktikan proteksionisme justru merugikan. Tapi, sambung Jokowi, Indonesia juga tidak boleh menjadi korban unfair practice dari raksasa digital dunia.

Baca Juga: Ajakan Presiden Jokowi: Cinta Produk Dalam Negeri, Benci Produk Asing

“Tranformasi digital adalah win-win solution bagi semua pihak. Perdagangan digital harus mendorong pengembangan UMKM kita, ini manfaatnya sudah kita lihat,” katanya.

“Kekuatan digital harus didorong untuk merangkai antara suplay dari UMKM di seluruh Indonesia dengan pasar nasional dan global, perdagangan digital harus memberdayakan UMKM kita,” imbuh Jokowi.

Jokowi kemudian juga mendorong upaya detail dan kerja keras Kementerian Perdagangan agar dapat mendorong hasil-hasil UMKM untuk diekspor.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Indonesia Peringkat Tertinggi Negara Rawan Bencana, Per Hari Ada 9 Bencana

“Ini bukan suatu yang sulit, hanya dubah sedikit, kemasannya diperbaiki, brandnya diperbaiki, didorong untuk ekspor, dan biasanya nanti kacaunya kalau sudah menyangkut kapasitas. Ini juga tugas kita untuk mendorong perbankan untuk mau menyuntikan kepada umkm kita agar kapasitannya naik,” ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga meminta Kemendag mengatur dan menyelesaikan persoalan praktik perdagangan digital yang berlaku tidak adil terhadap UMKM. Dengan harapan, perlindungann tersebut bisa membuat UMKM naik kelas.

“Baru kemarin saya sampaikan ke Pak Mendag, minggu kemarin ke Pak Mendag, ini ada yang nggak bener ini di perdagangan digital kita, diperingatkan. Kita harus melindungi, memberdayakan UMKM kita agar naik kelas, ini salah satu tugas penting Kemedag,” tegas Jokowi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x