Kompas TV internasional kompas dunia

Wakil Dubes Myanmar Untuk PBB Mengundurkan Diri Setelah Ditunjuk Junta Menjadi Dubes

Kamis, 4 Maret 2021 | 09:43 WIB
wakil-dubes-myanmar-untuk-pbb-mengundurkan-diri-setelah-ditunjuk-junta-menjadi-dubes
Duta Besar Myanmar untuk PBB, Kyaw Moe Tun Dipecat Junta Militer. (Sumber: UNTV via AP)

NEW YORK, KOMPAS.TV -  Wakil Duta Besar Myanmar untuk PBB, Tin Maung Naing, mengundurkan diri pada Rabu (3/3/2021). Sebelumnya, dia ditunjuk oleh junta militer untuk menggantikan Dubes Myanmar untuk PBB Kyaw Moe Tun, yang menentang keras kudeta militer.

Terjadi kebingungan dan tanda tanya besar di kalangan diplomat di markas PBB di New York pada awal minggu ini. Pasalnya, markas PBB menerima dua surat yang berbeda mengenai status Dubes Myanmar untuk PBB.

Surat pertama yang diterima PBB dikirimkan oleh Duta Besar Kyaw Moe Tun, pada Senin (1/3/2021) kepada Presiden Majelis Umum Volkan Bozkir, dengan tembusan kepada Sekjen PBB. Dalam surat itu dikatakan bahwa dia merupakan Dubes Myanmar untuk PBB yang sah dan diangkat oleh Presiden Win Myint, yang merupakan pemimpin sipil Myanmar yang dipilih secara sah pada 4 September 2020.

Sedangkan surat kedua dikirimkan dari Kementerian Luar Negeri Myanmar kepada Sekretaris Jenderal PBB. Surat itu diterima pada Selasa (2/1/2021). Dalam surat kedua, disebutkan bahwa Wakil Duta Besar Myanmar untuk PBB, Tin Maung Naing akan menggantikan Kyaw Moe Tun sebagai Dubes.

Baca Juga: Dubes Myanmar Untuk PBB Melawan Junta, Siapakah Kini yang Menduduki Posisi Tersebut?

Wakil Duta Besar Naing kemudia memposting di Facebook pada hari Rabu, bahwa dia mengundurkan diri. Dia tidak menuliskan alasannya mengundurkan diri. Dikutip dari the Associated Press, Naing mengatakan dia adalah pegawai negeri yang berdedikasi melayani negara yang dia cintai selama 30 tahun. Tetapi karena keadaan yang tidak dapat dihindari, dia memutuskan mengundurkan diri.

Pernyataan Naing untuk mengundurkan diri, disambut baik oleh aktivis anti-kudeta.

Penulis : Tussie Ayu





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:33
PT PERTAMINA PASTIKAN DISTRIBUSI BBM DAN ELPIJI DI JAWA TIMUR AMAN PASCAGEMPA DI MALANG   MENHUB BUDI KARYA SUMADI: KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG MERUPAKAN LOMPATAN TEKNOLOGI YANG BAIK BAGI INDONESIA   ANGKUT BANSOS, KRI SEMARANG-594 SINGGAH DI SURABAYA SEBELUM MENUJU KE FLORES TIMUR UNTUK SALURKAN BANTUAN   BANDARA PEKON SERAI DI PESISIR BARAT-LAMPUNG RESMI BERGANTI NAMA MENJADI BANDAR UDARA MUHAMMAD TAUFIQ KIEMAS   PINTU MASUK TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK AKAN DITUTUP SEMENTARA MULAI PUKUL 05.00-10.00 WIB   NAMA TOL LAYANG TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK AKAN DIUBAH MENJADI JALAN LAYANG MOHAMMED BIN ZAYED   BESOK, PRESIDEN JOKOWI DIJADWALKAN AKAN MERESMIKAN NAMA BARU TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.193: 3.284 SEMBUH, 179 MENINGGAL DUNIA, DAN 730 DALAM PERAWATAN   DINKES: PASIEN COVID-19 YANG MASIH DIRAWAT ATAU MENJALANI ISOLASI MANDIRI DI TANGSEL MENCAPAI 236 ORANG    PEMERINTAH TENGAH MENGKAJI PERTANDINGAN SEPAK BOLA DENGAN PENONTON DI TENGAH PANDEMI COVID-19   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY MEMINTA PEMDA TURUT MENARUH PERHATIAN KHUSUS TERHADAP SEPAK BOLA   MUI MINTA SEMUA PIHAK BERIKAN PERHATIAN SERIUS DALAM MENCEGAH AKSI TERORISME DI KALANGAN ANAK MUDA   KEPALA BNPT BOY RAFLI AMAR AJAK TOKOH LINTAS AGAMA BUAT PROGRAM MENANGKAL PAHAM RADIKAL TERORISME    MENKUMHAM SEBUT PEMERINTAH AKAN BANGUN TIGA LAPAS KHUSUS NAPI TERORISME DI NUSAKAMBANGAN, JATENG