Kompas TV nasional peristiwa

Danton KKB Papua Tewas Ditembak Mati oleh Anggota TNI-Polri, Ini Catatan Kriminalnya

Kompas.tv - 3 Maret 2021, 20:46 WIB

MIMIKA, KOMPAS.TV - Komandan Peleton (Danton) Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tewas dalam kontak senjata dengan aparat keamanan TNI-Polri. Kontak tembak terjadi di hutan mile 53 area PT Freeport Indonesia Mimika, Papua.

Sebelumnya anggota TNI-Polri yang bertugas di wilayah PT Freeport Indonesia di Mimika, Papua, terlibat kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) hari Minggu (28/2/2021) kemarin.

Kontak tembak dengan 6 anggota KKB pun tak terelakkan hingga keenamnya melarikan diri ke dalam hutan.

Keesokan harinya, anggota TNI-Polri berhasil mencapai lokasi dan menemukan satu jenazah anggota KKB yang diketahui bernama Ferry Ellas.

Setelah menempuh medan yang sulit dengan menyeberangi sungaIi serta mendaki gunung bebatuan yang terjal, anggota TNI dan Polri pun berhasil mencapai lokasi kontak tembak, Senin (1/3/2021) kemarin.

Selain jenazah Danton OPM Kodap III Kalikopi Timika Ferry Ellas, aparat juga menemukan berbagai barang bukti termasuk video saat kontak tembak dalam telepon selular Ferry Ellas.

Ferry juga diketahui masuk daftar pencarian orang Polres Mimika.

"Korban anggota KKB Fery Ellas dalam catatan kriminal Kepolisian berperan ikut dalam deklarasi penggabungan KKB se-Pegunungan Tengah 1 Agustus 2019 di Ilaga serta terlibat perampasan HP masyarakat sipil di Kabupaten Puncak Ilaga pada Agustus 2019 dan ikut KKB gabungan melaksanakan gangguan keamanan di Tembagaoura tahun 2020," ujar AKBP Era Adhinata.

Feri Elas juga tercatat pernah terlibat penyanderaan guru dan tindak pidana pencurian HP korban guru di kampung Jagamin pada 22 Februari 2020. Dia juga terlibat penembakan Pos Pam TNI/Polri di Opitawak pada bulan Maret 2020.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x