Kompas TV regional berita daerah

Warga Pontianak Olah Jambu Kristal Menjadi Berbagai Macam Penganan

Kamis, 4 Maret 2021 | 09:20 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Gang Nilam 7A dan 7B di Pontianak ini, memang dikenal dengan kawasan kampung sayur. Selain andal menanam berbagai sayur dengan memanfaatkan pekarangan, warga di sini juga piawai mengolah buah jambu kristal menjadi berbagai olahan makanan.

Hasil olahan jambu kristal ini dilombakan warga dalam kegiatan pekan holtikultura kampung sayur. Aneka produk dihasilkan, seperti pudding, selai, hingga dodol dan sirup.

Banyaknya jambu dengan kualitas tidak layak jual karena memiliki fisik kurang baik, menjadi salah satu alasan warga mengolah jambu menjadi berbagai makanan ini. Jambu yang dijual dengan harga dibawah standar ini, kemudian ditampung dan diolah oleh warga, sehingga nilai jualnya tetap tinggi.

Bahan baku buah diambil dari petani jambu kristal di Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya. Dengan olahan ini, diharapkan buah petani tetap dapat dijual dan warga juga memiliki pemasukan baru.

Diharapkan, pemerintah bisa mendukung kegiatan warga dengan memberikan pembinaan kualitas dan mutu, sehingga hasil olahan bisa dipasarkan dengan baik.

Simak informasi lain dari Kota Pontianak dan Kalimantan Barat di kanal YouTube KompasTV Pontianak.

Penulis : KompasTV Pontianak





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:42
INACA MEMPREDIKSI INDUSTRI PENERBANGAN MULAI MEMBAIK PADA AWAL 2022 UNTUK PENERBANGAN DOMESTIK   KETUM INACA DENON PRAWIRAATMADJA: KINERJA INDUSTRI PENERBANGAN DALAM NEGERI MEROSOT TAJAM PADA 2020   LEMBAGA TES MASUK PERGURUAN TINGGI (LTMPT): TINGKAT KEHADIRAN PESERTA UTBK TAHUN INI NAIK DIBANDING 2020   SEBANYAK 80.000 BENIH LOBSTER SENILAI RP 8 MILIAR DIAMANKAN DI BANDARA JUANDA SURABAYA   DISNAKER SURABAYA BENTUK SATGAS DAN POSKO PENGADUAN SOAL THR   PEMPROV DKI MENYATAKAN AKAN TINGKATKAN KOMPOSISI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) 2021/2022   PENGELOLA BANDARA SOEKARNO-HATTA SEBUT BELUM AKAN TERAPKAN TES GENOSE C19 PADA MEI 2021   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MEMINTA PARA OBLIGOR BLBI SECARA SUKARELA MEMBAYAR UTANG KEPADA NEGARA   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: UTANG BLBI KEPADA NEGARA MENCAPAI LEBIH DARI RP 110 TRILIUN   BMKG: MASIH ADA PELUANG CUACA EKSTREM DI WILAYAH BANDUNG DAN SEKITARNYA HINGGA AKHIR APRIL 2021   BNPB: SEPANJANG 2021, SEBANYAK 1.125 BENCANA ALAM YANG TERJADI DI INDONESIA   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 4.225 ORANG: 3.316 SEMBUH, 181 MENINGGAL DUNIA, DAN 728 DALAM PERAWATAN   HINGGA 15 APRIL 2021, PASIEN COVID-19 DI INDONESIA MENCAPAI 1.589.359 ORANG, 1.438.254 SEMBUH, DAN 43.073 MENINGGAL DUNIA   JUBIR SATGAS COVID-19 WIKU ADISASMITO MINTA TIM VAKSIN NUSANTARA SEBAIKNYA BERKOORDINASI DENGAN BPOM