Kompas TV regional berita daerah

Warga Pontianak Olah Jambu Kristal Menjadi Berbagai Macam Penganan

Kompas.tv - 4 Maret 2021, 09:20 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Gang Nilam 7A dan 7B di Pontianak ini, memang dikenal dengan kawasan kampung sayur. Selain andal menanam berbagai sayur dengan memanfaatkan pekarangan, warga di sini juga piawai mengolah buah jambu kristal menjadi berbagai olahan makanan.

Hasil olahan jambu kristal ini dilombakan warga dalam kegiatan pekan holtikultura kampung sayur. Aneka produk dihasilkan, seperti pudding, selai, hingga dodol dan sirup.

Banyaknya jambu dengan kualitas tidak layak jual karena memiliki fisik kurang baik, menjadi salah satu alasan warga mengolah jambu menjadi berbagai makanan ini. Jambu yang dijual dengan harga dibawah standar ini, kemudian ditampung dan diolah oleh warga, sehingga nilai jualnya tetap tinggi.

Bahan baku buah diambil dari petani jambu kristal di Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya. Dengan olahan ini, diharapkan buah petani tetap dapat dijual dan warga juga memiliki pemasukan baru.

Diharapkan, pemerintah bisa mendukung kegiatan warga dengan memberikan pembinaan kualitas dan mutu, sehingga hasil olahan bisa dipasarkan dengan baik.

Simak informasi lain dari Kota Pontianak dan Kalimantan Barat di kanal YouTube KompasTV Pontianak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.