Kompas TV regional berita daerah

Unik! Pempek Dijadikan Kue Ulang Tahun, Bagaimana Wujudnya?

Rabu, 3 Maret 2021 | 15:28 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Terus berinovasi harus menjadi pilihan, agar bisa bertahan di tengah pandemi, terlebih bagi pelaku UMKM di sektor makanan.

Selama 7 bulan terakhir, seorang ibu rumah tangga di Lampung berinovasi dengan membuat sajian unik dari olahan pempek yang dikreasikan dalam bentuk kue ulang tahun dan beragam bentuk unik lainnya demi menarik minat pembeli.

Bosan dengan sajian kue ulang tahun yang itu-itu saja dan tertantang melakukan inovasi agar menarik minat pembeli.

Seorang ibu rumah tangga bernama Yusmala Dewi sekaligus pemilik usaha pengolahan pempek di Merak Batin, Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, mengubah pempek buatannya dengan beragam bentuk unik dan kemasan yang menarik.

Caranya pun tak sulit, semula adonan pempek diberikan pewarna makanan, jika warna sudah tercampur rata, barulah dibentuk sesuai karakter yang diinginkan, seperti bunga mawar berwarna merah dan daun berwarna hijau, setelah itu di rebus hingga matang.

Tahap selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah proses pengemasan.

Untuk bentuk kue ulang tahun misalnya, satu per satu pempek disusun hingga menyerupai bentuk kue, pernak pernik ulang tahun juga biasanya disematkan untuk mempercantik tampilan.

Bentuk lainnya ialah pempek bucket, tak jauh berbeda dengan cake pempek hanya saja membutuhkan wadah keranjang yang telah dihias, pempek disusun dan diberi campuran daun bawang serta tomat kecil agar semakin menarik.

Harga yang ditawarkan untuk satu porsi cake berisi 45 pempek Rp 140 ribu, sementara kemasan bucket berisi 40 pempek harganya Rp 150 ribu.

Isinya juga beragam seperti pempek selam mini, lenjer, adaan, kulit dan pempek isi pepaya.

Cara ini dilakukan Yusmala Dewi sejak Juli 2020. Siapa sangka berawal tantangan dari pelanggannya ini justru membuat dirinya kebanjiran permintaan.

Dari usaha yang mengandalkan kreatifitasnya  ini menjadi ladang penghasilan bagi Yusmala dan keluarganya di tengah pandemi corona.

Penulis : Luthfan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:47
PEMERINTAH PERPANJANG PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT BERBASIS MIKRO HINGGA 3 MEI 2021   PEMKOT BANDUNG MENYATAKAN 50 PERSEN TENAGA PENDIDIK TELAH DIVAKSINASI COVID-19   BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI KEMBANGKAN BERBAGAI TEKNOLOGI MITIGASI PERUBAHAN IKLIM   POLRI SEGERA TERBITKAN DAFTAR PENCARIAN ORANG ATAS JOZEPH PAUL ZHANG YANG MENGAKU SEBAGAI NABI KE-26   DINAS KESEHATAN KALIMANTAN BARAT: VAKSINASI WARGA LANSIA TAHAP DUA BARU MENCAPAI 1,25 PERSEN    PEMKOT JAKARTA SELATAN GANDENG TNI DAN POLRI GENCARKAN OPERASI TERTIB MASKER   PEMKAB BANYUMAS BENTUK POS KOMANDO PELAKSANAAN TUNJANGAN HARI RAYA KEAGAMAAN 2021   MENAKER LUNCURKAN POSKO THR UNTUK MEMANTAU DAN MENGATASI MASALAH PEMBERIAN THR   KEMENDESA PDTT TERUS GIATKAN SOSIALISASI LARANGAN MUDIK LEBARAN DEMI KESEHATAN BERSAMA   PEMPROV DKI JAKARTA BUKA VAKSINASI UNTUK PELAKU EKONOMI KREATIF, DARI PEMUSIK HINGGA PENGUSAHA KULINER   MENAG DORONG APARAT PENEGAK HUKUM TINDAK PELAKU UJARAN KEBENCIAN YANG MENGARAH KE PENISTAAN AGAMA   WALI KOTA DEPOK MOHAMMAD IDRIS: PEMKOT DUKUNG PENGUSUTAN DUGAAN KORUPSI DAMKAR DEPOK   SATPOL PP DIRIKAN 8 POSKO DI PASAR TANAH ABANG UNTUK PANTAU PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA PEMERINTAH CARI SOLUSI CEGAH PERKAWINAN ANAK