Kompas TV advertorial

Industri Tambang di Berbagai Sendi Kehidupan

Kompas.tv - 3 Maret 2021, 18:08 WIB
Penulis : Elva Rini

KOMPAS.TV - Indonesia mempunyai kekayaan alam yang berlimpah dan tersebar di seluruh pelosok negara. Beragam hasil tambang yang dikandung Indonesia, antara lain: minyak dan gas bumi, timah, emas, nikel, tembaga, batubara, dan lainnya.

Mining Industry Indonesia atau MIND ID berperan untuk mengeksplorasi, mejelajah, mencari, dan mengolah hasil tambang menjadi sumber daya yang dapat dikonsumsi masyarakat.

Misalnya, dengan mentransformasikan hasil tambang menjadi bahan baku komponen penunjang kehidupan sehari-hari.

Listrik yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat berasal dari batubara. Batubara merupakan hasil tambang yang digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik tenaga uap.

Berbagai sarana transportasi seperti bus, kapal laut, pesawat terbang, dan lainnya dibuat dari alumunium, nikel, dan tembaga. Bahan penyusun laptop, tablet, dan ponsel pintar yang sering kita genggam juga berasal dari hasil tambang.

Industri tambang merupakan sendi kehidupan yang hasilnya tidak dapat dipandang sebelah mata. Dengan tata kelola yang tepat, industri tambang menyumbang banyak manfaat untuk masyarakat dan negara dalam jangka panjang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.