Kompas TV internasional kompas dunia

Transgender di Panama Kini Boleh Ikut Kompetisi Miss Panama

Kompas.tv - 3 Maret 2021, 14:43 WIB
transgender-di-panama-kini-boleh-ikut-kompetisi-miss-panama
162 / 5000 Translation results Ms Angela Ponce, yang dinobatkan sebagai Miss Spanyol pada tahun 2018, adalah wanita transgender pertama yang mengikuti kontes kecantikan internasional Miss Universe. (Sumber: EPA/EFE)
Penulis : Edwin Shri Bimo

PANAMA CITY, KOMPAS.TV – Ajang Miss Panama akan menyertakan peserta wanita transgender dalam kontes kecantikan itu mulai tahun ini. Pengumuman itu disampaikan organisasi penyerlenggara Miss Panama sebagaimana dilansir dari AFP, Rabu (03/03/2021).

Namun organisasi penyelenggara Miss Panama mengatakan, wanita transgender yang akan disertakan dalam kontes tersebut harus menyelesaikan semua prosedur hukum dan medis.

Keputusan tersebut diambil setelah organisasi penyelenggara Miss Panama melakukan banyak diskusi dan sejalan dengan aturan organisasi Miss Universe.

Organisasi penyelenggara tersebut menambahkan, Miss Panama akan mengizinkan wanita yang secara resmi diakui di negara itu. “Yang akan membuka pintu bagi wanita transgender yang telah menyelesaikan semua prosedur hukum dan medis mereka," kata organisasi itu.

Baca Juga: Sempat Dilarang Donald Trump, Transgender Diperbolehkan Joe Biden Gabung Militer

Miss Universe mengharuskan setiap perhelatan kontes kecantikan skala nasional yang terafiliasi dengan organisasi tersebut mengizinkan orang yang diakui secara hukum sebagai wanita untuk berpartisipasi.

Presiden Miss Panama Cesar Anel Rodriguez mengatakan kepada AFP pada Selasa (02/03/3031), langkah itu merupakan tanggapan terhadap peraturan Miss Universe terkait wanita transgender.

Dia mengatakan pengumuman tahun 2018 menunjukkan bahwa setidaknya 10 wanita transgender telah diakui dalam catatan sipil.

Organisasi penyelenggara Miss Panama menyatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka menjamin jika organisasi mereka adalah organisasi inklusif.

Baca Juga: Seorang Transgender Dipilih Joe Biden Menjadi Asisten Menteri Kesehatan AS

"Kami menyetujui keputusan ini berdasarkan pedoman hukum yang ketat dan sesuai dengan perjanjian internasional sebelumnya," kata pernyataan organisasi penyelenggara Miss Panama.

Hingga saat ini, belum ada wanita transgender yang mendaftar untuk kontes tersebut menurut pernyataan para pejabatnya.

Pada 2018, Angela Ponce menjadi wanita transgender terbuka pertama yang berkompetisi di kontes Miss Universe sebagai wakil dari Spanyol.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x