Kompas TV internasional kompas dunia

China Takut Arus Modal Asing Masuk ke Dalam Negeri saat 'Bubble' Pasar Keuangan Dunia Pecah

Rabu, 3 Maret 2021 | 13:34 WIB
china-takut-arus-modal-asing-masuk-ke-dalam-negeri-saat-bubble-pasar-keuangan-dunia-pecah
Ilustrasi bursa saham. China cemas dengan risiko gelembung pasar keuangan dunia yang dapat meletus sewaktu-waktu. (Sumber: Tribunnews/Irwan Rismawan)

BEIJING, KOMPAS.TV - Pejabat tinggi regulator bank China cemas dengan risiko 'bubble' di pasar keuangan dunia dan sektor properti dalam negeri. Pejabat bernama Guo Shuqing itu khawatir gelembung pasar keuangan akan pecah dan mendorong masuk arus modal asing ke China.

"Saya khawatir masalah gelembung di pasar keuangan asing suatu hari akan meletus," kata Shuqing yang merupakan Pimpinan Bank Sentral dan Komisi Pengaturan Asuransi China, dikutip dari Financial Times.

Shuqing menyoroti kenaikan pasar saham di Amerika dan Eropa karena kebijakan moneter yang longgar. Menurutnya, hal ini tak sesuai dengan kondisi ekonomi riil di dua wilayah itu yang terdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Mulai 2030 Seluruh Mobil Volvo Sepenuhnya Bertenaga Listrik dan Terhubung Secara Online

"Pasar China saat ini sangat terkait dengan pasar asing dan modal asing terus mengalir masuk," tambah Shuqing.

Pernyataan itu menyiratkan kebenaran soal minat besar investor dunia membeli saham dan surat utang China.

Seorang analis keuangan di Mizuho Bank Jepang mengatakan pada CNN Business, China kemungkinan akan menjadi alternatif, bila terjadi letusan gelembung pasar keuangan dunia dan krisis ekonomi.

Penulis : Ahmad Zuhad





BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Sedekah Di Masa Sulit

Jumat, 16 April 2021 | 09:18 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
09:39
AS ROMA AKAN MELAWAN MANCHESTER UNITED DI SEMIFINAL LIGA EUROPA   MANCHESTER UNITED, ARSENAL, AS ROMA, DAN VILLARREAL LOLOS KE SEMIFINAL LIGA EUROPA   OLIMPIADE TOKYO AKAN DISELENGGARAKAN PADA 23 JULI-8 AGUSTUS 2021   FEDERASI TENIS INTERNASIONAL (ITF) PERPANJANG PERIODE KUALIFIKASI OLIMPIADE TOKYO HINGGA 14 JUNI 2021   PEBALAP MARC MARQUEZ DINYATAKAN LOLOS TES MEDIS UNTUK GRAND PRIX MOTOGP PORTUGAL   GRAND PRIX FORMULA 1 KANADA DIBATALKAN AKIBAT PANDEMI KORONA   SHALAT TARAWIH DI MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM DIKURANGI MENJADI 10 RAKAAT   RAJA ARAB SAUDI SALMAN BIN ABDULAZIZ AL-SAUD IZINKAN MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM GELAR SHALAT TARAWIH   DUA ANGGOTA KKB PIMPINAN PUROM WENDA DI KABUPATEN LANNY JAYA, PAPUA, SERAHKAN DIRI KE POLISI   DISHUB JATIM PERBOLEHKAN WARGA MUDIK LOKAL JIKA PUNYA SURAT TUGAS   DISHUB JATIM MELARANG WARGA MUDIK DI PERKOTAAN/KABUPATEN YANG TERHUBUNG DALAM KESATUAN WILAYAH (MUDIK LOKAL)   PEMPROV KALTENG PERKETAT SYARAT MASUK WILAYAHNYA DENGAN TES ANTIGEN/PCR   WAKIL WALI KOTA BATAM AMSAKAR ACHMAD DAN ISTRINYA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   SATGAS COVID-19: JABAR JADI PROVINSI TERBAIK PENERAPAN PPKM MIKRO DI INDONESIA