Kompas TV regional berita daerah

Investasi Miras Diijinkan, Pengrajin Arak Bali Berharap Bisa Lebih Sejahtera

Rabu, 3 Maret 2021 | 12:30 WIB

Buleleng, KOMPASTV - Presiden Jokowi telah menandatangani perpres nomor 10 tahun 2021, tentang bidang usaha penanaman modal. Keluarnya aturan ini, disambut dengan penuh harapan oleh para perajin arak di kebupaten buleleng. Para perajin berharap dapat meningkatkan kesejahteraan perajin arak, yang nota bena adalah minuman lokal.

 

Ketut Budi Darma, lima puluh tahun, merupakan salah satu perajin arak lontar/ warga di wilayah selaung desa bondalem kecamatan tejakula, buleleng. Ketut telah membuat arak lontar bali/ lebih dari lima belas tahun lamanya. Aktifitas pembuatan arak telah ditekuni secara turun temurun dari ayahnya dan hingga dirinya saat ini. Setiap hari ketut mampu membuat sepuluh liter arak lontar.


 

Sepuluh liter arak yang didapat, setelah melakukan destilasi tiga puluh liter nira lontar yang dia dapat dari kebun pohon lontar miliknya. Proses pengerjaan arak dilakukan hampir selama dua belas jam. Jam enam hingga jam sepuluh pagi, proses pengumpulan sadapan nira lontar, selanjutnya selama enam jam kemudian dilakukan proses destilasi nira lontar. Dari jam empat sore hingga jam enam sore ketut melakukan proses pengirisan nira lontar. Arak hasil destilasi ketut, dijual dengan harga 12 ribu per enam ratus lima puluh mili liter.

Dengan dikeluarkannya perpres nomor 10 tahun 2021 tentang bidang usaha penanaman modal, menguatkan peraturan gubernur bali nomor satu tahun dua ribu dua puluh tentang tata kelola minuman fermentasi dan, atau destilasi khas bali. Pemerintah kabupaten buleleng, bali, menyambut baik dengan aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Kabupaten buleleng merupakan salah satu kabupaten di bali/ yang mempunyai potensi pengembangan usaha minuman keras beralkohol. Sebaran perajin arak dibuleleng bali tersebar di kecamatan gerokgak, kubutambahan dan tejakula.

 

Kedepan diharapkan, kabupaten buleleng, akan dapat mengembangkan lebih banyak lagi koperasi yang bergerak disektor riil sebagai penampung hasil produksi para perajin arak di buleleng bali.

#miras #perpresmiras #investasimiras 

Penulis : KompasTV Dewata





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:07
6 JUTA BAHAN BAKU VAKSIN SINOVAC YANG TIBA HARI INI AKAN DIOLAH BIO FARMA YANG TELAH MENDAPAT SERTIFIKAT DARI BPOM   6 JUTA BAHAN BAKU VAKSIN SINOVAC YANG DATANG MELALUI BANDARA SOEKARNO-HATTA HARI INI DIBAWA KE BIO FARMA DI BANDUNG   KAPOLDA PAPUA SEBUT GURU YANG DITEMBAK KKB ADALAH WARGA SIPIL YANG SUDAH LIMA TAHUN MENGAJAR DI DISTRIK BEOGA   KAPOLDA PAPUA BANTAH TUDINGAN KKB YANG SEBUT DUA GURU DAN SISWA YANG DITEMBAK ADALAH MATA-MATA APARAT   DALAM DUA PEKAN TERAKHIR, SERANGAN KELOMPOK KRIMINAL BERSENJATA DI PAPUA TELAH MENEWASKAN EMPAT ORANG   YORRYS RAWEYAI MINTA TNI-POLRI BERIKAN JAMINAN KEAMANAN BAGI WARGA DI DISTRIK BEOGA DAN DISTRIK ILAGA   ANGGOTA DPD RI ASAL PAPUA YORRYS RAWEYAI MINTA PEMERINTAH TINDAK PELAKU KEKERASAN DI KABUPATEN PUNCAK   BUPATI KABUPATEN PUNCAK WILLEM WANDIK MINTA TNI-POLRI TINDAK TEGAS ANGGOTA KKB YANG TEMBAK GURU DAN SISWA   RUMAH KEPALA SUKU DAN TIGA RUMAH GURU HANGUS AKIBAT PEMBAKARAN YANG DILAKUKAN KKB DI KABUPATEN PUNCAK, PAPUA   KELOMPOK KRIMINAL BERSENJATA KEMBALI MEMBAKAR RUMAH WARGA DI KABUPATEN PUNCAK, PAPUA   PETUGAS TANGKAP 5 KRU KAPAL BERBENDERA MALAYSIA YANG MENCURI IKAN DI SELAT MALAKA, 2 WARGA MALAYSIA DAN 3 WNI   KAPAL BERBENDERA MALAYSIA DIDUGA CURI IKAN DI SELAT MALAKA GUNAKAN ALAT PANCING JENIS "TRAWL" YANG DILARANG KKP   KAPAL IKAN BERBENDERA MALAYSIA YANG DIDUGA MENCURI IKAN DI SELAT MALAKA SEMPAT KABUR SEBELUM DITANGKAP PETUGAS   KAPAL PATROLI KEMENTERIAN KELAUTAN & PERIKANAN TANGKAP KAPAL IKAN BERBENDERA MALAYSIA YANG CURI IKAN DI SELAT MALAKA