Kompas TV internasional kompas dunia

Kedubes Amerika Serikat Adakan Peringatan Pertempuran Selat Sunda

Rabu, 3 Maret 2021 | 11:47 WIB
kedubes-amerika-serikat-adakan-peringatan-pertempuran-selat-sunda
Peringatan pertempuran di Selat Sunda digelar di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, Senin (1/3/2021). (Sumber: Kedutaan Besar Amerika Serikat)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kedutaan Besar Amerika Serikat menjadi tuan rumah dalam peringatan pertempuran Selat Sunda, Senin (1/3/2021). Angkatan Laut dan Angkatan Bersenjata dari Indonesia, Australia dan Amerika Serikat hadir dalam peringatan yang mengenang peristiwa bersejarah tersebut.

Acara tahunan ini memperingati tenggelamnya kapal HMAS Perth I dan USS Houston (CA-30) pada 1 Maret 1942. Dalam tragedi ini, sebanyak 696 warga AS dan 353 pelaut AL dan marinir Australia hilang di perairan Teluk Banten, tepat selepas tengah malam pada 1 Maret 1942.

Baca Juga: Peringatan Pertempuran 9 November, Sejarah Perlawanan Terhadap Belanda di Banjarmasin

Sejumlah 368 pelaut Houston yang selamat dari tenggelamnya kapal mereka meneruskan perlawanan saat ditawan di Jawa, Singapura, Burma, Thailand, dan Jepang, hingga akhir Perang Dunia II, ketika 291 pelaut Houston kembali ke rumah mereka sebagai pahlawan.

Melalui peringatan ini, Kedubes AS mengenang kedua kapal tersebut beserta para awak mereka. Kedubes AS bekerja sama dengan para sahabat Indonesia menjadikan situs USS Houston di Teluk Banten sebagai kawasan konservasi maritim.

Kuasa Usaha Ad Interim Kedubes AS Heather Variava mengucapkan rasa terima kasih kepada pemerintah pusat Indonesia dan pejabat pemerintah provinsi Banten atas komitmen mereka untuk melindungi situs-situs tersebut sebagai sebuah kawasan konservasi laut.

Baca Juga: Pertempuran di Sumatera Selatan, TNI AD Turun Tangan | Antar Kecabangan TNI AD 2019 (1)

Penulis : Tussie Ayu





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:58
SEBANYAK 250 WNI DI CALIFORNIA SELATAN, AS, DAPAT SUNTIKAN VAKSINASI COVID-19    PRESIDEN JOKOWI BEBASKAN PENGENAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) UNTUK AIR BERSIH    BPOM: BELUM ADA IZIN UJI KLINIK FASE II VAKSIN NUSANTARA    MENKO POLHUKAM DORONG KPK BERGABUNG DALAM SISTEM DATABASE PENANGANAN PERKARA TERPADU BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI    LARANGAN MUDIK LEBARAN, DITLANTAS POLDA METRO JAYA SEKAT 16 JALUR TIKUS UNTUK KELUAR JABODETABEK    DITLANTAS POLDA METRO JAYA AKAN DIRIKAN POS PANTAU DI JALUR TIKUS UNTUK ANTISIPASI WARGA YANG NEKAT MUDIK    WALHI SUMSEL DUKUNG PEMANFAATAN LAHAN GAMBUT UNTUK MENUNJANG PEREKONOMIAN MASYARAKAT    KPK MENDAKWA EKS WALI KOTA CIMAHI AJAY PRIATNA TERIMA SUAP RP 1,6 MILIAR UNTUK MULUSKAN IZIN PROYEK RS    MENKEU SRI MULYANI SEBUT PEMULIHAN EKONOMI GLOBAL DARI DAMPAK PANDEMI COVID-19 HARUS BERSIFAT BERKELANJUTAN    GEMPA MALANG, BMKG: BURUKNYA STRUKTUR BANGUNAN IKUT JADI PENYEBAB RIBUAN RUMAH RUSAK DI MALANG    KASUS SUAP PENGATURAN PROYEK DI KABUPATEN INDRAMAYU, KPK PANGGIL 3 ANGGOTA DPRD JAWA BARAT    WAPRES MA'RUF AMIN IMBAU MASYARAKAT BERKONTRIBUSI AKTIF DALAM MENGEMBANGKAN EKONOMI & KEUANGAN SYARIAH    POLRI MULAI PERIKSA BARANG BUKTI DARI TKP KEBAKARAN KILANG MINYAK BALONGAN, INDRAMAYU, JAWA BARAT    MENTERI PPPA MINTA PEMDA KAWAL DAN PASTIKAN PENGGUNAAN DAK PEREMPUAN DAN ANAK DAPAT DIPERTANGGUNGJAWABKAN