Kompas TV klik360 cerita indonesia

[INFOGRAFIS] 5 Fakta Corona B117, Mutasi Virus Corona Baru yang Telah Masuk ke Indonesia

Kamis, 4 Maret 2021 | 09:02 WIB

SOLO, KOMPAS.TV - Dua kasus mutasi virus corona B.1.1.7 asal Inggris dilaporkan muncul, tepat setahun setelah kasus Covid-19 pertama terdeteksi di Indonesia.

Wamenkes Dante Saksono mengonfirmasi laporan ini dalam acara Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca-pandemi, yang disiarkan langsung di kanal YouTube Kemenristek/BRIN, Selasa (2/3/2021).

Berikut 5 fakta Corona B.1.1.7 yang telah masuk ke Indonesia:

Nama B.1.1.7

Pertama kali terdeteksi di Inggris, mutasi virus corona baru ini dinamai B.1.1.7 atau VUI 202012/01.

VUI merupakan singkatan dari Variant Under Investigation (VUI) tahun 2020, bulan 12, varian 01.

Varian ini ditinjau ulang dan ditetapkan pada 18 Desember 2020.

Lebih Menular

Mutasi virus corona B.1.1.7 diketahui lebih menular hingga 70 persen, karena mengalami replikasi lebih cepat di dalam tenggorokan.

Varian ini mempunyai viral load tinggi. Viral load dapat menentukan tingkat penularan subjek dan kemampuan virus untuk ditularkan.

Gejala

Orang yang terinfeksi Covid-19 dengan mutasi B.1.1.7 merasakan gejala batuk, sakit tenggorokan, dan kelelahan nyeri otot yang lebih dibandingkan strain sebelumnya.

Sejumlah ahli menyebut, pergeseran gejala kemungkinan didorong sifat varian yang lebih menular dan menyebar lebih cepat di tubuh.

Kasus di negara lain

Negara-negara lain seperti Singapura, India, Malaysia, dan Korea Selatan diketahui telah melaporkan penemuan kasus dari mutasi baru virus corona ini.

Tetap terdeteksi Uji PCR

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof dr Zubairi Djoerban menjelaskan, varian baru ini akan tetap terdeteksi menggunakan uji PCR.

"Tetap mampu mendeteksi (dengan PCR). Tes PCR ini bisa mendeteksi tiga spike (seperti paku-paku yang menancap pada permukaan virus corona) berbeda," ujar Zubairi.

Ia juga menyampaikan tindakan vaksinasi hampir pasti, namun tetap efektif terhadap varian baru virus corona B.1.1.7.(*)

Motion Grafis: Agus Eko

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:19
IKUTI WEBINAR "BERPARTNER DENGAN MEDIA" BERSAMA TIM HARIAN KOMPAS, DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!   SATGAS NEMANGKAWI: CEPAT ATAU LAMBAT KKB PASTI TERTANGKAP   100 PERSONEL SATGAS NEMANGKAWI HADIR DI DISTRIK BEOGA, PUNCAK, PAPUA, LINDUNGI MASYARAKAT DARI KKB   BUPATI TEGAL UMI AZIZAH MINTA WARGA AMBIL SISI POSITIF DARI LARANGAN MUDIK LEBARAN   KAKORLANTAS POLRI SEBUT JIKA ADA MASYARAKAT YANG NEKAT MUDIK PADA 6-17 MEI 2021 MAKA POLISI AKAN MENINDAK   POLRI AKAN MELAKUKAN PENYEKATAN DI 333 TITIK DI TOL DAN JALAN ARTERI DARI LAMPUNG-BALI SELAMA PELARANGAN MUDIK   SATGAS COVID-19 MINTA PEMDA TEGAS MELARANG WARGA MUDIK GUNA TEKAN ANGKA PENULARAN KORONA   SATGAS COVID-19: LARANGAN MUDIK LEBARAN BERLAKU 6-17 MEI 2021   SATGAS COVID-19 SEBUT PENGEMBANGAN VAKSIN MERAH PUTIH TETAP BERJALAN MESKI KEMENRISTEK DILEBUR DENGAN KEMENDIKBUD   MASIH BERSTATUS ZONA ORANYE, PEMKOT BOGOR WASPADAI LONJAKAN KASUS COVID-19 SELAMA BULAN PUASA   DIRJEN PAUD KEMENDIKBUD SEBUT DIGITALISASI SEKOLAH BAKAL JADI ARAH PENDIDIKAN INDONESIA HINGGA 2035   MULAI 2022, KEMENDIKBUD AKAN MEMBUAT RAPOR DARING DI BEBERAPA SEKOLAH YANG MASUK DALAM PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK   PEMBANGUNAN PROYEK LITTLE TOKYO JABABEKA DI ATAS LAHAN SELUAS 4,6 HEKTAR DIMULAI AKHIR TAHUN INI   KKP SEBUT LARANGAN EKSPOR BENIH LOBSTER UNTUK MENGGALAKKAN BUDIDAYA LOBSTER GUNA TINGKATKAN EKSPOR LOBSTER