Kompas TV nasional peristiwa

Polemik Rencana Penjualan Saham Pemprov DKI di Perusahaan Bir: Didorong PAN, Ditolak PDIP

Rabu, 3 Maret 2021 | 11:23 WIB
polemik-rencana-penjualan-saham-pemprov-dki-di-perusahaan-bir-didorong-pan-ditolak-pdip
PT Delta Djakarta Tbk (Sumber:Kontan.co.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Setelah Presiden Jokowi mencabut lampiran peraturan presiden (Perpres) nomor 10 tahun 2021, yang salah satunya mengatur investasi minuman beralkohol, polemik kepemilikan saham Pemprov Jakarta di  perusahaan bir PT Delta Djakarta mencuat.

Ketua Fraksi PAN DPRD DKI Bambang Kusumanto mendorong Gubernur DKI Anies Baswedan melepasnya.  “Pak Anies harus bisa tegas seperti Pak Jokowi yang membatalkan Perpres soal investasi miras,” kata Bambang dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/3/2021).

Menurut Bambang, fraksinya sudah mendorong pelepasan saham itu sejak 2019 silam. Dukungan itu bulat untuk mengalihkan ke investasi lain yang tak menimbulkan sentimen sosial.

Baca Juga: Mahfud MD: Cabut Perpres  Investasi Miras Bukti Pemerintah Tidak Alergi Kritik

Sementara Ketua DPRD  Prasetyo Edi Marsudi justeru menolak keinginan Pemprov DKI yang ingin menjual saham tersebut.  Menurut politikus PDIP ini, tidak ada masalah dengan memiliki saham itu bahkan menguntungkan. 

"Masalahnya apa? Kalau saya, kalau ada kebijakan eksekutif seperti itu, mana BUMD-BUMD yang tidak mampu, itu dicabut. Ini (PT Delta Djakarta) enggak ada salahnya," kata Pras di Gedung DPRD, Jakarta, Selasa (2/3/2021).   

Menurut Pras, Pemprov DKI bahkan tidak pernah memberikan hibah kepada perusahaan tersebut. Sebaliknya, malah menguntungkan karena selalu membagikan deviden setiap tahun. 

Penulis : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:34
KPK PERPANJANG MASA PENAHANAN EKS DIRUT PT PELINDO II RJ LINO HINGGA 24 MEI 2021   PRESIDEN JOKOWI SEBUT KURVA KASUS COVID-19 AKAN TURUN SETELAH 70 JUTA PENDUDUK DIVAKSINASI   PRESIDEN INGATKAN PENANGANAN SEKTOR EKONOMI MAUPUN KESEHATAN YANG TERDAMPAK PANDEMI BERJALAN SECARA BERIRINGAN   PRESIDEN JOKOWI MEWANTI-WANTI KEPALA DAERAH TAK MEMPERLAMBAT IZIN INVESTASI   PRESIDEN JOKOWI MINTA KEPALA DAERAH YANG BARU TERPILIH PADA PILKADA 2020 BEKERJA SECARA CEPAT   BPOM: KOMPONEN UTAMA PEMBUATAN VAKSIN NUSANTARA DIIMPOR DARI AMERIKA SERIKAT   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD INGATKAN KEPALA DAERAH HINDARI PERILAKU KORUPTIF DAN DAPAT JALANKAN AMANAH   MENTERI BUMN ERICK THOHIR AKAN BERIKAN DUKUNGAN MAKSIMAL UNTUK KESUKSESAN PENYELENGGARAAN FIBA ASIA CUP 2021    POLISI: SIM DARING SUDAH MELUNCUR, SIM KELILING TETAP BUKA    POLDA METRO JAYA SEKAT 16 JALUR TIKUS UNTUK KELUAR JABODETABEK    KAKORLANTAS POLRI AKAN SANKSI JAJARANNYA YANG LOLOSKAN PEMUDIK DARI PENYEKATAN    POLDA JAWA BARAT MINTA PEMDA DATA PEMUDIK SUDAH PULANG KAMPUNG DULUAN    LARANGAN MUDIK LEBARAN, POLDA JAWA BARAT SIAPKAN 120 TITIK PENYEKATAN    KAPOLRI HARAP PERPANJANG SIM DI APLIKASI DARING HAPUS CELAH CALO