Kompas TV video cerita indonesia

Kasus Mutasi Baru Covid-19 asal Inggris, IDI: Yang Ditakutkan Menjadi Lebih Mudah Menyebar

Kompas.tv - 2 Maret 2021, 21:45 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan menemukan kasus mutasi baru covid-19 di Indonesia yang berasal dari inggris yaitu B-117.

Ketua satgas Covid-19 IDI Zubairi Djoerban imbau bahwa virus corona b-117 dapat bermutasi dan menyebar lebih cepat.

“Yang ditakutkan adalah menjadi lebih mudah menyebar menjadi tidak mempan terhadap obat, menjadi tidak mempan tidak bisa dilindungi dengan vaksin yang sudah ada,” ujar Zubairi melalui video yang diterima tim Kompas.TV Selasa (2/3)

Zubairi berharap vaksin yang digunakan di Indonesia dapat menangkal virus corona jenis b-117 dan memproteksi masyarakat.

“jadi di Inggris bisa ditangkal dengan vaksin yang ada sekarang. Bagaimana di Indonesia, kita mengharapkan hal yang sama jadi semoga vaksin sinovac juga bisa memproteksi terhadap b117,”ujar Zubairi

Selain itu menurutnya, perlu penelitian lebih lanjut tentang varian ini guna memahami ancaman penularannya dan apakah vaksin resmi saat ini efektif melindungi seseorang dari virus jenis b-117.

“ini memerlukan penelitian yang memang seharusnya kita mulai saja penelitian apakah vaksin yang ada sekarang bisa melindungi terhadap b117,”lanjut Zubairi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.