Kompas TV nasional update corona

Setahun Pandemi: Kilas Balik Berbagai Pernyataan Konyol Pejabat Soal Covid-19

Selasa, 2 Maret 2021 | 18:34 WIB
setahun-pandemi-kilas-balik-berbagai-pernyataan-konyol-pejabat-soal-covid-19
Presiden Jokowi saat meninjau RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, 23 Maret 2020. Ada berbagai pernyataan pejabat pemerintah yang meremehkan pandemi. (Sumber: Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sudah lebih setahun sejak Covid-19 mewabah di Indonesia. Masyarakat tentu tak bisa melupakan pernyataan-pernyataan pejabat Indonesia yang meremehkan penyakit ini.

Virus corona baru bernama Sars-CoV-2 sudah terdeteksi menular di Wuhan, China sejak Desember 2019. Sejak saat itu, virus penyebab Covid-19 ini terus menyebar ke sepenjuru dunia.

Di masa-masa awal Pandemi Covid-19 pemerintah Indonesia selalu menyangkal Covid-19 dapat menular ke Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Varian Baru Virus Corona dari Inggris yang Masuk Indonesia

"Pada fase ini terjadi penolakan yang berlarut-larut. Data di kita, Menkes mengatakan 'Tak perlu panik oleh penyebaran virus corona, enjoy saja'. Ini tidak serius mengantisipasinya," kata Direktur Center untuk Media Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), Wijayanto, Senin (6/4/2020).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) baru menyatakan status darurat bencana nasional karena Covid-19 pada 29 Februari 2020. Sementara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kepala daerah mulai menetapkan situasi penularan Covid-19 pada 15 Maret 2020.

Kini, Covid-19 telah menjangkiti 1,3 juta lebih orang Indonesia. Sebagian besar pasien Covid-19 sekitar 1,16 juta orang dapat sembuh, tetapi Covid-19 telah menewaskan 36.518 jiwa.

Penulis : Ahmad Zuhad





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:33
KPK PERPANJANG MASA PENAHANAN EKS DIRUT PT PELINDO II RJ LINO HINGGA 24 MEI 2021   PRESIDEN JOKOWI SEBUT KURVA KASUS COVID-19 AKAN TURUN SETELAH 70 JUTA PENDUDUK DIVAKSINASI   PRESIDEN INGATKAN PENANGANAN SEKTOR EKONOMI MAUPUN KESEHATAN YANG TERDAMPAK PANDEMI BERJALAN SECARA BERIRINGAN   PRESIDEN JOKOWI MEWANTI-WANTI KEPALA DAERAH TAK MEMPERLAMBAT IZIN INVESTASI   PRESIDEN JOKOWI MINTA KEPALA DAERAH YANG BARU TERPILIH PADA PILKADA 2020 BEKERJA SECARA CEPAT   BPOM: KOMPONEN UTAMA PEMBUATAN VAKSIN NUSANTARA DIIMPOR DARI AMERIKA SERIKAT   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD INGATKAN KEPALA DAERAH HINDARI PERILAKU KORUPTIF DAN DAPAT JALANKAN AMANAH   MENTERI BUMN ERICK THOHIR AKAN BERIKAN DUKUNGAN MAKSIMAL UNTUK KESUKSESAN PENYELENGGARAAN FIBA ASIA CUP 2021   PRESIDEN JOKOWI MEMINTA PENYELENGGARAAN KOMPETISI LIGA 1 DAN LIGA 2 DISIAPKAN SECARA MATANG   KAKORLANTAS POLRI IRJEN ISTIONO SEBUT TERDAPAT 333 POS PENYEKATAN MUDIK LEBARAN 2021   OMBUDSMAN MINTA PERTAMINA GANTI RUGI WARGA TERDAMPAK LEDAKAN KILANG MINYAK BALONGAN, INDRAMAYU, JABAR   POLDA JAWA BARAT MINTA PEMDA DATA PEMUDIK SUDAH PULANG KAMPUNG DULUAN   LARANGAN MUDIK LEBARAN, POLDA JAWA BARAT SIAPKAN 120 TITIK PENYEKATAN   KAPOLRI HARAP PERPANJANG SIM DI APLIKASI DARING HAPUS CELAH CALO