Kompas TV regional berita daerah

Erupsi, Gunung Sinabung Semburkan Guguran Awan Panas

Kompas.tv - 2 Maret 2021, 18:11 WIB
Penulis : Luthfan

KARO, KOMPAS.TV - Gunung Api Sinabung, di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali menunjukkan aktivitas tinggi sejak Selasa pagi (02/03/2021).

Tercatat sekitar pukul setengah 7 pagi tadi terjadi awan panas guguran dengan jarak luncur mencapai 5.000 meter ke sektor Tenggara Timur.

Gumpalan asap berwarna abu-abu gelap, meluncur dari puncak Gunung Api Sinabung dengan kolom abu vulkanik setinggi 5.000 meter.

Baca Juga: Luncuran Awan Panas Gunung Sinabung Mencapai 5 Km

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Api Sinabung menyebut awan panas terjadi sebanyak 13 kali hingga pukul 9 pagi.

Warga diimbau tidak memasuki zona merah Sinabung.

Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Andiani mengimbau masyarakat untuk tidak masuk ke zona merah.

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau pakai masker bila keluar dari rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.