Kompas TV internasional kompas dunia

Biden Sedang Siapkan Senjata Canggih untuk Perang Baru Lawan China

Selasa, 2 Maret 2021 | 15:58 WIB
biden-sedang-siapkan-senjata-canggih-untuk-perang-baru-lawan-china
Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendorong pengembangan "senjata" baru dalam pertarungan geopolitik dengan China. (Sumber: Associated Press)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sedang menyiapkan "senjata" baru dalam adu kuat geopolitik dengan China.

Para pejabat Amerika berharap senjata ini dapat menjadikan Amerika sebagai "tekno-demokrasi" mengungguli "tekno-autokrasi" China.

Senjata ini berupa pengembangan chip, kecerdasan buatan (AI) dan teknologi jaringan paling mutakhir. Amerika akan menempatkan senjata ini di Asia.

Baca Juga: Moskow Peringatkan Reaksi Balasan atas Sanksi Uni Eropa Terhadap Rusia Atas Kasus Navalny

"Ada kesadaran baru soal pentingnya peran semikonduktor dalam pertarungan geopolitik ini karena chip melandasi seluruh teknologi di era modern,” kata Lindsay Gorman, pakar teknologi baru dari German Marshall Fund of United States, dikutip dari Bloomberg.

Sebelumnya, pasokan microchip global menepis mendadak saat pandemi Covid-19 mulai melanda. Padahal, berbagai teknologi, seperti mobil, ponsel, dan lemari es membutuhkan microchip.

“Kita semua memahami bahwa ini penting, tidak hanya bagi perekonomian kita, tetapi juga bagi keamanan nasional kita. Karena semikonduktor mutakhir dan canggih ini beroperasi pada segala hal mulai dari pesawat tempur siluman generasi kelima F-35 hingga ponsel kita,” kata Senator John Cornyn dari Partai Republik Texas.

Salah satu penyebab langkanya pasokan microchip global adalah tindakan penimbunan China dan lonjakan permintaan selama pandemi. Karena kelangkaan microchip ini, beberapa produsen mobil Amerika terpaksa menutup pabriknya.

Hal ini memperlihatkan lemahnya rantai pasok industri Amerika. Saat ini, perusahaan-perusahaan Amerika masih bergantung pada produsen-produsen asal Asia.

Baca Juga: Peneliti Kembali Temukan Pekerja di Pabrik Pemasok Samsung dan Apple Idap Kanker

Penulis : Ahmad Zuhad

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:47
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19