Kompas TV regional berita daerah

Puting Beliung Hancurkan Tempat Suci Pura Di Klungkung

Selasa, 2 Maret 2021 | 14:52 WIB

Klungkung, KOMPASTV - Beginilah kondisi bangunan bale pawedaan di pura penataran agung catur parhyangan ratu pasek punduk dawa , di desa pesinggahan kabupaten klungkung .

 

Sebagian besar bagunan utama hancur , utamanya pada bale pawedaaan , tenda tempat sembahyang dan tempat penyimpanan sarana upacara , hancur diterjang angin putting beliung .

 

Menurut saksi mata , yang juga saat kejadian sedang memimpin persembahyangan , di pura tersebut , jero mangku gede arya swabawa mengatakan , saat kejadian angin datang tiba-tiba disertai hujan deras . Angin berputar kencang dan situasi gelap tiba-tiba bangunan sudah ambruk dan tenda serta penyimpanan sarana upacara berterbangan hingga kebawah bukit , karena posisi pura berada diatas bukit yang rentan diterjang angin kencang .

 

Kejadian yang begitu cepat ini, beruntung tidak ada orang yang ikut tertimpa bangunan, karena saat kejadian warga yang sembahyang berteduh disisi bangunan lain dan sejumlah lainnya keluar areal pura untuk menyelamatkan diri. Bangunan yang baru dibangun setahun lalu ini, diperkirakan mengalami kerugian hingga dua miliar rupiah . Selain pura ini , ada tempat suci pura lainnya yang juga diterjang angin putting beliung di wilayah klungkung.

Sementara situasi cuaca buruk sejak minggu pagi , dimana terjadi sejumlah pohon tumbang yang mengakibatkan kerusakan fasilitas umum dan merusak rumah penduduk .

 

#pohontumbang #purahancur #anginputingbeliung 

Penulis : KompasTV Dewata





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:20
SEBANYAK 250 WNI DI CALIFORNIA SELATAN, AS, DAPAT SUNTIKAN VAKSINASI COVID-19    PRESIDEN JOKOWI BEBASKAN PENGENAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) UNTUK AIR BERSIH    BPOM: BELUM ADA IZIN UJI KLINIK FASE II VAKSIN NUSANTARA    MENKO POLHUKAM DORONG KPK BERGABUNG DALAM SISTEM DATABASE PENANGANAN PERKARA TERPADU BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI    LARANGAN MUDIK LEBARAN, DITLANTAS POLDA METRO JAYA SEKAT 16 JALUR TIKUS UNTUK KELUAR JABODETABEK    DITLANTAS POLDA METRO JAYA AKAN DIRIKAN POS PANTAU DI JALUR TIKUS UNTUK ANTISIPASI WARGA YANG NEKAT MUDIK    WALHI SUMSEL DUKUNG PEMANFAATAN LAHAN GAMBUT UNTUK MENUNJANG PEREKONOMIAN MASYARAKAT    KPK MENDAKWA EKS WALI KOTA CIMAHI AJAY PRIATNA TERIMA SUAP RP 1,6 MILIAR UNTUK MULUSKAN IZIN PROYEK RS    MENKEU SRI MULYANI SEBUT PEMULIHAN EKONOMI GLOBAL DARI DAMPAK PANDEMI COVID-19 HARUS BERSIFAT BERKELANJUTAN    GEMPA MALANG, BMKG: BURUKNYA STRUKTUR BANGUNAN IKUT JADI PENYEBAB RIBUAN RUMAH RUSAK DI MALANG    KASUS SUAP PENGATURAN PROYEK DI KABUPATEN INDRAMAYU, KPK PANGGIL 3 ANGGOTA DPRD JAWA BARAT    WAPRES MA'RUF AMIN IMBAU MASYARAKAT BERKONTRIBUSI AKTIF DALAM MENGEMBANGKAN EKONOMI & KEUANGAN SYARIAH    POLRI MULAI PERIKSA BARANG BUKTI DARI TKP KEBAKARAN KILANG MINYAK BALONGAN, INDRAMAYU, JAWA BARAT    MENTERI PPPA MINTA PEMDA KAWAL DAN PASTIKAN PENGGUNAAN DAK PEREMPUAN DAN ANAK DAPAT DIPERTANGGUNGJAWABKAN