Kompas TV regional berita daerah

Puting Beliung Hancurkan Tempat Suci Pura Di Klungkung

Kompas.tv - 2 Maret 2021, 14:52 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Klungkung, KOMPASTV - Beginilah kondisi bangunan bale pawedaan di pura penataran agung catur parhyangan ratu pasek punduk dawa , di desa pesinggahan kabupaten klungkung .

 

Sebagian besar bagunan utama hancur , utamanya pada bale pawedaaan , tenda tempat sembahyang dan tempat penyimpanan sarana upacara , hancur diterjang angin putting beliung .

 

Menurut saksi mata , yang juga saat kejadian sedang memimpin persembahyangan , di pura tersebut , jero mangku gede arya swabawa mengatakan , saat kejadian angin datang tiba-tiba disertai hujan deras . Angin berputar kencang dan situasi gelap tiba-tiba bangunan sudah ambruk dan tenda serta penyimpanan sarana upacara berterbangan hingga kebawah bukit , karena posisi pura berada diatas bukit yang rentan diterjang angin kencang .

 

Kejadian yang begitu cepat ini, beruntung tidak ada orang yang ikut tertimpa bangunan, karena saat kejadian warga yang sembahyang berteduh disisi bangunan lain dan sejumlah lainnya keluar areal pura untuk menyelamatkan diri. Bangunan yang baru dibangun setahun lalu ini, diperkirakan mengalami kerugian hingga dua miliar rupiah . Selain pura ini , ada tempat suci pura lainnya yang juga diterjang angin putting beliung di wilayah klungkung.

Sementara situasi cuaca buruk sejak minggu pagi , dimana terjadi sejumlah pohon tumbang yang mengakibatkan kerusakan fasilitas umum dan merusak rumah penduduk .

 

#pohontumbang #purahancur #anginputingbeliung 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x