Kompas TV nasional berita utama

Setahun Covid-19 di Indonesia, Pasien 02: Dengan Vaksin, Harapannya, Ya, Berakhir Tahun Ini

Kompas.tv - 2 Maret 2021, 12:31 WIB
setahun-covid-19-di-indonesia-pasien-02-dengan-vaksin-harapannya-ya-berakhir-tahun-ini
Ketiga pasien Covid-19 pertama di Indonesia ketika mendapatkan penghargaan dari Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, 16 Maret 2020. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Nama Maria Darmaningsih mendadak menjadi viral tepat tahun lalu ketika pemerintah mengumunkan untuk pertama kalinya ada Warga Negara Indonesia (WNI) terpapar Covid-19. Saat itu Maria diumumkan positif Covid-19 bersama kedua putrinya.

Setahun sudah Covid-19 muncul di Indonesia dan belum jelas kapan berakhir pandemi ini.

Meski begitu, Maria Darmaningsih pun sangat berharap agar pandemi Covid-19 segera berakhir pada tahun 2021 ini. Seiring dengan sudah dilakukannya vaksinasi di Tanah Air.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Indonesia Masih Tinggi, Maria Darmaningsih: Kita Tak Pernah Belajar

“Mungkin dengan vaksin ini, harapannya, ya, berakhir tahun ini. Dulu kan belum tahu, belum paham bahwa vaksin ini sedemikian luar biasanya, tapi sekarang. Ya, harapannya sampai akhir tahun ini, deh,” kata Maria Darmaningsih, Senin malam (1/3/2021).

Maria mengaku sangat berharap pandemi dapat berakhir tahun ini. Bukannya tanpa alasan dia mengatakan hal tersebut.

Disarikan Kompas.tv dalam wawancara Kompas.com dengan dirinya, Maria mengaku yang paling ikut memperhatikan kepedihannya, adalah anak-anak yang tidak bisa sekolah.

Baca Juga: Maria Darmaningsih, WNI Pertama yang Diumumkan Positif Covid-19 Pilih Bercocok Tanam Usai Sembuh

“Itu sangat berat buat mereka, perkembangan psikologisnya, terus harus selalu di rumah itu. Saya membayangkan sebagai orangtua, itu pasti berat sekali. Itu yang harus kita pikirkan juga, nanti secara kejiwaan bagaimana pengaruhnya terhadap anak-anak yang selama satu tahun lebih tidak bersekolah dan tidak bersosialisasi, tidak berkegiatan,” papar Maria.

Sebagai seorang warga negara pun, Maria Darmaningsih mengajak masyarakat lainnya untuk terus mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Tak hanya itu, setiap orang juga harus menerima adanya perubahan kehidupan yang luar biasa lantaran adanya pandemi Covid-19.

“Ini perubahan luar biasa memang dan kita harus beradaptasi di dalamnya,” imbuh dia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.