Kompas TV nasional sosial

Ini Kriteria Siswa yang Tak Kebagian Kuota Belajar Gratis

Kompas.tv - 2 Maret 2021, 11:56 WIB
ini-kriteria-siswa-yang-tak-kebagian-kuota-belajar-gratis
Ilustrasi belajar online, pemerintah melalui Kemendibud akan memberikan kuota internet gratis selama 4 bulan. (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Danang Suryo

SOLO, KOMPAS.TV - Untuk menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyalurkan kuota data internet gratis.

Seluruh siswa atau guru yang menerima kuota belajar November - Desember 2020, jelas Nadiem Makarim, Menteri Dikbud, bakal mendapatkan bantuan pada Maret 2021.

Baca Juga: Kuota Belajar Kemendikbud 2021 Akan Batasi Akses ke Sejumlah Aplikasi

Ada sedikit pengecualian bagi penerima bantuan kuota belajar tahun ini.

Nadiem menjelaskan penerima bantuan kuota periode sebelumnya yang pemakaian internetnya kurang dari 1 GB tidak masuk kriteria untuk mendapatkan kuota belajar Maret 2021.

Melansir Kompas.com, Selasa (02/03/2021)  Nadiem menilai yang memiliki penggunaan di bawah angka tersebut tak memanfaatkan kuota bantuan secara efektif.

Baca Juga: Lega, Guru Honorer Tetap Dapat Vaksin Covid-19, Ini Kata Mendikbud Nadiem Makarim

"Kecuali bagi yang kemarin diberikan tetapi penggunaannya di bawah 1 GB, artinya memang tidak digunakan data yang diberikan (mungkin) dengan berbagai macam alasan," ujar Nadiem seperti dikutip dari Kompas.com.

Nadiem tak menjelaskan mereka yang menggunakan bantuan kuota kurang dari 1 GB bisa mendapatkan bantuan lagi pada Maret 2021 atau tidak.

Baca Juga: Mulai Cair Maret 2021, Ini Syarat Penerima Bantuan Kuota Internet Kemendikbud

Meski demikian, siswa atau guru yang belum pernah mendapatkan kuota belajar di periode sebelumnya dapat melapor pada pimpinan satuan pendidikan sebelum bulan April 2021.

Nantinya mereka mengisi Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) guna mendapatkan bantuan kuota.

Hal itu juga berlaku bagi siswa atau guru yang menerima bantuan kuota tahun lalu tetapi nomor ponselnya diganti.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.