Kompas TV nasional politik

Konvensi Capres NasDem di Tengah Elektabilitas yang Melorot

Selasa, 2 Maret 2021 | 11:42 WIB
konvensi-capres-nasdem-di-tengah-elektabilitas-yang-melorot
Pertemuan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (sumber: twitter Partai Golkar)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Partai NasDem bakal menggelar konvensi untuk Capres. Konvensi untuk menjaring calon presiden untuk pemilu 2024 itu rencananya akan digelar 2022 mendatang. Sekjen NasDem Johnny G Plate mengatakan,  melalui konvensi, Partai NasDem ingin menegaskan diri sebagai partai inklusif yang bisa menerima pemikiran dan pandangan politik dari berbagai kalangan masyarakat.

Konvensi Capres yang akan digelar NasDem  baru dilaksanakan jika sudah memiliki koalisi minimal. Koalisi itu dibentuk untuk memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden 20%.


"Konvensi merupakan wujud keterbukaan Partai NasDem bagi anak-anak bangsa yang pantas dan berkualitas memimpin bangsa dan negara sesuai amanat konstitusi," demikian menteri Komunikasi dan Informatika ini menjelaskan melalui akun twitter Nasdem, Minggu (28/2/2021).

Baca Juga: Konvensi Nasdem Akan Dilaksanakan, PSI Tetap Usung Giring Jadi Capres

Pernyataan tersebut disampaikan setelah Ketua Umum Nasdem Surya Paloh bertemu dengan Ketua Umum Golkar di Pulau Kali Age, Kepulauan Seribu,   pada 14 Februari lalu. Pertemuan kedua tokoh tersebut disebarkan melalui media sosial partai Golkar. Di sana, foto  Airlangga Hartarto satu mobil dengan Surya Paloh sambil tersenyum. 

Hadir dalam pertemuan tersebut  Johnny Plate,  Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, Ketua DPW Partai NasDem Kalimantan Timur sekaligus Gubernur Kaltim Isran Noor dan Ketua DPD Partai Golkar Jakarta Rizal Malarangeng.

Beredar kabar bahwa pertemuan ini untuk menjajaki kemungkinan koalisi di tahun 2024 mendatang sekaligus mencari kader capres dan cawapres. Koalisi dan konvensi dilakukan saat Nasdem tak memiliki figur capres kuat dan elektabilitas melorot. 

Penulis : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:31
IKUTI WEBINAR "BERPARTNER DENGAN MEDIA" BERSAMA TIM HARIAN KOMPAS, DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!   PM INGGRIS BANTAH CAMPUR TANGAN BANTU ARAB SAUDI YANG BERNIAT AMBIL ALIH KLUB SEPAK BOLA NEWCASTLE UNITED   REAL MADRID WAJIB MEMENANGI 11 LAGA TERSISA UNTUK MERAIH TROFI LA LIGA DAN LIGA CHAMPIONS (GELAR GANDA)   ISRAEL SEGERA BUKA KEMBALI PERBATASANNYA UNTUK TURIS MANCANEGARA YANG TELAH DIVAKSIN COVID-19   BADAN FARMASI ITALIA (AIFA): 4 ORANG MENINGGAL AKIBAT PENGGUMPALAN DARAH SETELAH TERIMA SUNTIK VAKSIN ASTRAZENECA   KAPOLDA PAPUA MEYAKINI PELAKU YANG TEMBAK SISWA SMA DI KAMPUNG ULONI MERUPAKAN KKB YANG MEMBAKAR HELIKOPTER DI ILAGA   SEORANG SISWA SMA DI KAMPUNG ULONI, DISTRIK ILAGA, PAPUA, DITEMBAK MATI OLEH KKB   BMKG PRAKIRAKAN INTENSITAS SIKLON TROPIS SURIGAE AKAN MENINGKAT DALAM 24 JAM KE DEPAN   BMKG GORONTALO KELUARKAN PERINGATAN WASPADA CUACA EKSTREM MENYUSUL ADANYA SIKLON TROPIS SURIGAE   MRT JAKARTA SEBUT BANYAK CAGAR BUDAYA JADI TANTANGAN PEMBANGUNAN PROYEK FASE 2A   TERCATAT 23 DESEMBER 2020 HINGGA 14 APRIL 2021, ADA 35 KASUS PENYELUNDUPAN BENUR DENGAN POTENSI KERUGIAN RP 210,08 M   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN: HAMPIR 99% BENIH LOBSTER VIETNAM BERASAL DARI INDONESIA   KEMENKES SEBUT PENGAMBILAN DARAH SUBYEK RELAWAN VAKSIN NUSANTARA DI RSPAD BUKAN UJI KLINIS FASE II   KEMENKES: VAKSIN NUSANTARA DIDANAI NEGARA SAAT TERAWAN AGUS PUTRANTO MENJABAT SEBAGAI MENKES