Kompas TV regional berita daerah

Penjualan Kain Endek Meningkat, Terkait SE Gubernur

Kompas.tv - 2 Maret 2021, 11:18 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Klungkung, KOMPASTV - Sejak awal pandemi covid-19 penjualan kain endek di pasar klungkung anjlok drastis hingga 75 persen , dibanding sebelum covid . Melihat kondisi ini , dan diliriknya kain endek menjadi salah satu kain untuk model internasional , pemerintah propinsi bali mengeluarkan surat edaran baru , terkait penggunaan pakaian dengan kain endek khas bali . Salah satu penjual kain endek, nengah muneh mengaku situasi pandemi covid ini menjadi penjualan tersulit sejak awal berjualan dipasar ini sekitar tahun 1990 an silam , dengan penurunan penjualan hingga 75 persen// untuknya ada aturan baru ini , mulai ramai .

 

  Surat edaran gubernur bali no 04 tahun 2021 tentang penggunaan kain tenun endek bali , kain tenun tradisional bali ini , diwajibkan khusus untuk pegawai negeri pegawai swasta dan perkantoran di bali untuk menggunakan pakaian dari bahan kain tenun endek bali . Bukan dari luar produksi bali , keberadaan kain tenun endek bali yang sudah terdaftar sebagai kekayaan intelektual komunal ekspresi budaya tradisional di kementrian hukum dan ham ri agar benar-benar dilestarikan .  

 

Bupati klungkung I Nyoman Suwirta saat mendampingi gubernur bali I Wayan Koster melihat produksi endek dan pasar seni klungkung mengatakan , di klungkung penggunaan kain endek setiap hari selasa sudah dilaksanakan sejak awal . Sehingga sentra-sentra dan industri kerajinan kecil menengah di klungkung bisa kembali bergairah dan bangkit mempruduksi endek lagi .

Terlebih saat ini ada larangan juga untuk menggunakan kain endek palsu yang didatangkan dari luar bali. #kainendekbali #penjualankainendek #kainendeksetiapselasa

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x