Kompas TV nasional peristiwa

Membandingkan Jakarta dengan Wuhan Setelah Setahun Pandemi Covid-19 Merebak

Kompas.tv - 2 Maret 2021, 09:46 WIB
membandingkan-jakarta-dengan-wuhan-setelah-setahun-pandemi-covid-19-merebak
Petugas pemakaman memasukan jenazah ke dalam lubang di lokasi pemakaman COVID-19 TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Jumat (2/10/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperluas lahan untuk pemakaman jenazah bagi yang meninggal dunia karena terkait COVID-19 di TPU Pondok Ranggon, di mana perluasan dilakukan selama dua bulan dan dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap pertama, Dinas Bina Marga DKI membuka lahan sekitar 7.141 meter persegi. (Sumber: ANTARA FOTO / MUHAMMAD ADIMAJA)
Penulis : Rizky L Pratama

JAKARTA, KOMPAS.TV – Indonesia, melalui Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus positif pertama Covid-19 pada 2 Maret 2020 tahun lalu.

Semenjak itu, berbagai lapisan masyarakat di Indonesia seakan terbelenggu untuk menjalankan protokol kesehatan mulai dari menggunakan masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Otomatis dengan berkurangnya mobilitas, banyak sektor yang jadi lumpuh terutama sektor ekonomi karena kehidupan normal baru ini.

Baca Juga: Kilas Balik Covid-19 di Indonesia, Maria Darmaningsih: Tak Pernah Menyangka Pandemi akan Mengganas

Bahkan dengan protokol ketat tersebut, kasus Covid-19 di Jakarta terus meningkat dari waktu ke waktu.

Pada Maret 2020 silam, melansir dari KOMPAS.com total ada 741 kasus terkonfirmasi Covid-19 di Ibu Kota, dengan 84 diantaranya meninggal dunia.

Setahun berlalu, angka ini terus meroket tanpa menunjukkan tanda-tanda penurunan jumlah penyebaran virus.

Baca Juga: Long Covid, Ini yang Dialami WNI Pertama di Indonesia yang Diumumkan Terkena Covid-19 Pasca Sembuh

Hingga kemarin 1 Maret 2021, DKI Jakarta melaporkan 341.793 kasus positif Covid-19.  Kurang lebih 1,5 % diantaranya, yaitu 5.528 harus meningal dunia.

Meski begitu, kasus sembuh di DKI Jakarta lumayan tinggi dengan 326.509 pasien dan kini masih ada 9.756 pasien masih menjalani perawatan di berbagai fasilitas kesehatan maupun isolasi secara mandiri.

Angka kematian tertinggi pasien Covid-19 di DKI Jakarta adalah 1.211 kematian yang bahkan baru terjadi bulan lalu, periode 1-28 Februari 2021.

Baca Juga: Setahun Covid-19, Guyonan Menteri yang Kemudian Terpapar

Virus yang disinyalir berasal dari Wuhan ini, juga memakan korban para tenaga kesehatan di Indonesia.

Data dari Lapor Covid-19 menunjukkan adanya 826 tenaga kesehatan yang meninggal setelah terpapar Covid-19 hingga 1 Maret 2021 di Indonesia.

Lalu bagaimana Wuhan sekarang? Kota yang disebut sebagai asal muasal virus yang menyebabkan pandemi di seluruh dunia ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.