Kompas TV nasional peristiwa

Penerobos Ring 1 Minta Maaf ke Paspampres: Kami Minta Maaf, Ini Murni Kelalaian

Kompas.tv - 1 Maret 2021, 21:05 WIB
penerobos-ring-1-minta-maaf-ke-paspampres-kami-minta-maaf-ini-murni-kelalaian
Pengendara moge ditendangi para anggota Paspampres saat melewati Jalan Veteran III yang juga area Ring 1 Istana Negara, pada Minggu (21/2/2021). (Sumber: Capture Instagram @bodatnation)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perwakilan pengendara motor sport gede (moge) yang menerobos area Ring 1 menyampaikan permintaan maaf. Permintaan maaf itu disampaikan langsung dengan mengunjungi Mako Paspampres.

"Saya perwakilan (para pengendara motor yang menerobos Ring 1), mengakui benar adanya bahwa saya dan rekan-rekan ada dalam video (viral pengendara moge ditendangi Pasmpampres)," kata Halid Damawan, Road Captain Liquid Bikers, mewakili rekan-rekannya sesama pengendara yang menerobos Ring-1, Senin (1/3/2021).

Oleh karena itu, Halid mengatakan, dia berinisiatif untuk melakukan klarifikasi terkait kejadian pada Minggu (21/2/2021) lalu itu.

Halid meminta maaf kepada anggota Paspampres yang berjaga pada saat dia dan rekan-rekannya melintas di Jalan Veteran III.

"Tidak ada niatan kami untuk mengancam yang berada di area Ring 1," ujarnya.

Menurut Halid, hal itu murni ketidaksengajaan dan kelalaiannya. "Bukannya kesengejaan atau teroris. Murni kelalaian. Saya lalai dalam rombongan," tuturnya.

Halid berjanji, dia dan rekan-rekannya tidak akan mengulangi kejadian serupa. Selain itu juga akan lebih baik lagi dalam berkendara ke depannya.

Selain kepada Paspampres, Halid juga menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat.

"Minta maaf pada rakyat Indonesia karena sudah membuat kegaduhan," ucapnya.

Baca Juga: Paspampres: Kasus Penerobosan Ring 1 oleh Moge Sudah Selesai

Sekelompok motor sport gede ditendangi para anggota Paspampres saat melewati Istana Negara, pada Minggu (21/2/2021).

Video amatir yang memperlihatkan aksi ini viral di media sosial Instagram. Salah satunya diunggah oleh akun @bodatnation.

Dalam video itu, sejumlah anggota Paspampres menyetop rombongan pengendara motor sport yang disebut tengah berkegiatan sunday morning ride (Sunmori) melewati Jalan Veteran III, di belakang Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Asisten Intelijen Paspampres Letkol Inf Wisnu Herlambang membenarkan insiden penindakan (menendang pemotor) oleh Paspampres terhadap sejumlah pengendara moge itu.

Ia menyebutkan, sejumlah pengendara itu terpaksa harus dilumpuhkan oleh petugas Paspampres karena menerobos jalan yang tengah ditutup.

Bukan hanya semata menerobos jalan yang sedang ditutup, para pengendara moge itu juga menerobos kawasan yang notabene merupakan Ring 1. Mereka melintas dengan kecepatan tinggi, plus raungan knalpot yang nyaring.

"Kalau dia menerobos itu sudah masuk bahaya tidak langsung maupun ancaman yang bersifat terbuka. Itu merupakan batas pelanggaran Ring 1. Jadi bisa dilumpuhkan," kata Wisnu

Baca Juga: Viral, Sunmori Moge Ditendangi Paspampres Saat Lewati Istana

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x