Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Pemprov Bali: Kami Siap untuk Travel Corridor Bali-China

Senin, 1 Maret 2021 | 20:00 WIB
pemprov-bali-kami-siap-untuk-travel-corridor-bali-china
Ilustrasi wisatawan - Seorang turis asing sedang berbelanja di Pasar Seni Ubud, Bali (Sumber: SHUTTERSTOCK / Elizaveta Galitckaia via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan akan membuka kembali pariwisata di Bali melalui program Free COVID Corridor. Rencananya, negara pertama yang akan dibuka akses turisnya lewat travel Corridor adalah China.

Sandi mengakatan, program tersebut adalah usulan dari pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali. Nantinya lokasi wisata yang dibuka adalah zona hijau Covid-19, seperti Ubud dan Nusa Dua.

"Kemungkinan bisa diperluas ke Nusa Penida dan beberapa lokasi lain sesuai arahan pemerintah setempat, " kata Sandi seperti yang dikutip dari Antara, Senin (01/03/2021).

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Tinjau 5 Destinasi Wisata di Bali yang Akan Dijadikan Lokasi Vaksinasi

Tapi, Sandi menegaskan rencana pembukaan pariwisata juga sangat tergantung pada upaya penanganan COVID-19 di Bali. Jika kasus Covid di Bali semakin menurun, pemerintah pusat bisa mengizinkan travel Corridor di Bali dipercepat.

"Pertengahan bulan ini kita berharap ada koordinasi antara kami dengan Bu Menteri Luar Negeri, Pak Menteri Hukum dan HAM dan Menteri Kesehatan juga Kepala Satgas COVID-19 bersama gubernur dan jajaran, kita ingin finalisasikan flow (alur) Free Covid Corridor dan memastikan uji coba bisa dilakukan. Seandainya hasilnya positif, bisa kita lanjutkan dan tingkatkan dari segi jumlah," jelas Sandi.

Di sisi lain, Gubernur Bali I Wayan Koster meminta 120.000 dosis vaksin untuk pelaku industri pariwisata dan warga di Ubud dan Nusa Dua.

Penulis : Dina Karina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:51
IKUTI WEBINAR "BERPARTNER DENGAN MEDIA" BERSAMA TIM HARIAN KOMPAS, DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID    DISHUB SEBUT PEMBANGUNAN FISIK JALAN LAYANG CAKUNG, JAKARTA TIMUR, SUDAH RAMPUNG   POLRI: TERDUGA TERORIS YANG DITEMBAK MATI DI MAKASSAR ADALAH EKS NAPI TERORIS   POLRI: SEORANG TERDUGA TERORIS DI MAKASSAR DITEMBAK MATI KARENA ACUNGKAN PEDANG   DISHUB TARGETKAN PEMBANGUNAN TUGU DAN JALUR SEPEDA PERMANEN DI JALAN SUDIRMAN-THAMRIN RAMPUNG PADA MEI 2021    BAWASLU AKAN MELAKUKAN PERSIAPAN PEMUNGUTAN SUARA ULANG PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI SABU RAIJUA   KEPALA BPOM PENNY K LUKITO: VAKSIN MERAH PUTIH YANG DIKEMBANGKAN UNAIR DITARGETKAN MULAI DIPRODUKSI AWAL 2022   DISNAKERTRANS JAWA BARAT SIAP MENGAWASI PERUSAHAAN DALAM PEMBAGIAN THR   WAKIL KETUA KOMISI IX DPR CHARLES HONORIS MINTA PEMERINTAH SIKAPI SERIUS LONJAKAN KASUS COVID-19 DI SEJUMLAH NEGARA   MENDIKBUD NADIEM MAKARIM SEBUT PANCASILA DAN BAHASA INDONESIA TETAP JADI ASPEK WAJIB DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN   MENKO KEMARITIMAN LUHUT BINSAR PANDJAITAN MEMINTA SETIAP PRAJURIT KOPASSUS SELALU SETIA KEPADA NKRI   HUT KE-69 KOPASSUS, WAPRES MA’RUF AMIN : TINGKATKAN PROFESIONALITAS DAN INTEGRITAS   KEMENDAGRI PANGGIL PETUGAS DAMKAR YANG MEMBONGKAR KASUS DUGAAN KORUPSI DI DAMKAR KOTA DEPOK   SERIKAT PEKERJA DI BEKASI AKAN BUKA POSKO ADUAN UNTUK AWASI PEMBAYARAN THR