Kompas TV nasional berita utama

Menpan RB: Seleksi CPNS Dilakukan Maret 2021

Senin, 1 Maret 2021 | 20:00 WIB
menpan-rb-seleksi-cpns-dilakukan-maret-2021
Seleksi CPNS Kota Surabaya (Sumber: Tangkapan Layar KOMPASTV)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo umumkan Maret 2021 akan dibuka seleksi penerimaan calon pegawai negara sipil (CPNS). Pembukaan seleksi CPNS dilakukan setelah proses pembagian kebutuhan ASN untuk masing-masing instansi selesai dilakukan.

“Mengenai waktu pengumuman (seleksi CPNS), akan dilakukan pada Maret, setelah proses pembagian untuk masing-masing instansi selesai dilakukan,” ujar Tjahjo Kumolo seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (1/3/2021).

Baca Juga: Pemerintah Pusat Tahun Ini Butuh 83.000 CPNS dan PPPK, Pemda Lebih Banyak

Tjahjo lebih lanjut mengatakan, untuk persyaratan pendaftaran akan ditentukan oleh masing-masing instansi sesuai dengan kualifikasi jabatan yang dibutuhkan. Karena, sambungnya, setiap jabatan memiliki persyaratan kualifikasi yang beragam sesuai aturan yang berlaku. Tjahjo menambahkan pemerintah telah menentukan kebutuhan ASN pada 2021 total sebanyak 1,3 juta orang.

"Pemerintah sudah menentukan kebutuhan ASN secara total tahun 2021, jika tidak ada kebijakan lain yang bersifat darurat sejumlah sekitar 1,3 juta orang," kata Tjahjo.

Baca Juga: Kemenpan RB: Pengangkatan CPNS Harus Melalui Proses Seleksi

Untuk 1,3 juta ASN, Tjahjo menuturkan angka tersebut termasuk satu juta guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) melalui skema yang menjadi program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Rekrutmen satu juta guru PPPK, dilakukan di seluruh pemerntah daerah untuk mengatasi persoalan kekurangan tenaga guru.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:00
SEBANYAK 18 ORANG TELAH DIPERIKSA ATAS KASUS DUGAAN PENYELEWENGAN DANA OTSUS RP 4 M DI DINAS PENDIDIKAN PAPUA   KEJATI PAPUA TEMUKAN DUGAAN PENYELEWENGAN DANA OTSUS MENCAPAI RP 4 M DINAS PENDIDIKAN, PERPUSTAAN DAN ARSIP DAERAH   WALI KOTA HENDRAR PRIHADI PASTIKAN PRESIDEN JOKOWI AKAN TINJAU VAKSINASI TAHAP 2 DI KOTA SEMARANG PADA RABU MENDATANG   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN SEBUT HASIL TES PCR ORANG YANG BERKONTAK ERAT DENGAN KASUS KORONA B117 NEGATIF   PENGUNDURAN DIRI UGM DARI PENELITIAN VAKSIN NUSANTARA YANG DIGAGAS TERAWAN KARENA TIDAK DILIBATKAN   UGM MUNDUR DARI PENELITIAN VAKSIN NUSANTARA GAGASAN MANTAN MENKES TERAWAN AGUS PUTRANTO   PEMKOT TANGSEL MENGKLAIM SUDAH TIDAK ADA PENOLAKAN DARI MASYARAKAT SOAL PEMBUANGAN SAMPAH KE TPA CILOWONG SERANG   POLISI AKAN TINDAK PESEPEDA YANG KELUAR JALUR DI SUDIRMAN-THAMRIN   PEMPROV DKI KLAIM PPKM MIKRO TEKAN KASUS AKTIF COVID-19 DI JAKARTA   DPR BERHARAP VAKSINASI COVID-19 DAPAT MENJANGKAU SELURUH ELEMEN MASYARAKAT   DALAM SIDANG KASUS BANSOS COVID-19, SEKJEN DAN DIRJEN KEMENSOS MENGAKU TERIMA BROMPTON   KEJAGUNG PERIKSA 4 SAKSI DALAM KASUS DUGAAN KORUPSI ASABRI   ENAM KADER PARTAI DEMOKRAT YANG TAK TERIMA DIPECAT DAN LAWAN PUTUSAN PEMECATAN GUGAT AHY KE PN JAKARTA PUSAT   PEMERINTAH MELARANG ASN KE LUAR KOTA SELAMA LIBUR PANJANG PADA AKHIR PEKAN INI