Kompas TV nasional berita utama

Bantah SBY Tak Berdarah-Darah Bangun Partai, Demokrat: Yang Bilang Tidak Tinggal di Planet Bumi

Kompas.tv - 1 Maret 2021, 19:32 WIB
bantah-sby-tak-berdarah-darah-bangun-partai-demokrat-yang-bilang-tidak-tinggal-di-planet-bumi
Herzaky Mahendra Putra, menanggapi niat kader senior yang dipecat Partai Demokrat untuk menempuh jalur hukum. (Sumber: KompasTV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Partai Demokrat membantah jika Ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono tidak memiliki peran dalam sejarah pendirian partai. Demokrat menilai Jhoni Allen Marbun tidak tinggal di Bumi, sehingga menyebut SBY tidak berdarah-darah membangun partai.

“Kalau dibilang SBY tidak berdarah-darah membangun Partai Demokrat, mungkin yang bilang begitu tidak tinggal di planet bumi. Tinggal di planet Mars kali,” kata Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Putra dikutip dari Kompas.com, Senin (1/3/2021).

Baca Juga: Dipecat dari Partai Demokrat, Jhoni Allen: SBY Tidak Berkeringat Sama Sekali, Apalagi Berdarah-darah

Herzaky lebih lanjut menilai pernyataan yang disampaikan Jhoni Allen Marbun merupakan bentuk kekecewaan. Atas dasar kekecewaan itu, Herzaky menuturkan Jhoni berusaha memanipulasi sejarah pendirian Partai Demokrat dengan tudingan tersebut. Padahal, gagasan membentuk Partai Demokrat dimulai ketika SBY kalah dari Hamzah Haz untuk menjadi calon wakil presiden Megawati Soekarnoputri dalam pemilihan di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada 2001.

“Bapak Ventje Rumangkang (almarhum -red) kemudian menyarankan SBY mendirikan partai. Bapak Ventje menyampaikan bahwa banyak orang yang menginginkan SBY menjadi pemimpin nasional, termasuk menjadi wakil presiden,” ungkap Herzaky.

Baca Juga: Marzuki Alie: Nanti Saya Buka Satu-Satu Pembohongnya SBY

Kemudian, sambung Herzaky, ketika itu SBY tidak mungkin menjadi wakil presiden karena tak memiliki partai. Setelah berdiskusi dengan Ani Yudhoyono, SBY kemudian menerima usulan Ventje. Menurut Herzaky, SBY pula yang menciptakan nama, logo, bendera, mars, hingga manifesto politik Partai Demokrat.

“Partai ini pun didirikan pada 9 September 2001, mengambil tanggal yang sama dengan hari ulang tahun SBY pada tanggal 9 bulan sembilan,” ungkapnya.

Baca Juga: Marah Dituding Pengkhianat, Max Sopacua: Harus Sadar, Pengkhianat di Partai Siapa

Sebelumnya, dalam video yang beredar berdurasi sekitar sembilan menit, Jhoni Allen Marbun menyampaikan sejumlah tudingan terhadap SBY. Salah satunya terkait peran Presiden ke-6 RI itu ketika mendirikan Partai Demokrat.

“Demi Tuhan saya bersaksi, bahwa SBY tidak berkeringat sama sekali. Apalagi berdarah-darah sebagaimana pernyataannya di berbagai kesempatan,” kata Jhoni.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.