Kompas TV nasional politik

Jhoni Allen Blak-blakan, Bongkar Cara SBY Kudeta Anas Urbaningrum dari Kepemimpinan Partai Demokrat

Kompas.tv - 1 Maret 2021, 14:32 WIB
jhoni-allen-blak-blakan-bongkar-cara-sby-kudeta-anas-urbaningrum-dari-kepemimpinan-partai-demokrat
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memastikan dirinya tetap menjaga partai dari upaya penghancuran. (Sumber: YouTube Partai Demokrat)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Politikus senior Jhoni Allen Marbun menjadi salah satu kader yang dipecat oleh DPP Partai Demokrat baru-baru ini bersama enam kader lainnya.

Ia pun tak tinggal diam atas pemecatan tersebut. Jhoni Allen lantas memilih buka suara, terutama menyangkut tuduhan kudeta di tubuh Partai Demokrat.

Baca Juga: Politikus Partai Demokrat: Tanpa SBY Tak Akan Eksis Partai Ini

Ia menyampaikan pandangannya melalui sebuah video berdurasi 9 menit. Video tersebut kemudian tersebar luas di media sosial.

Oleh akun bernama Sidoel Jak, video itu bahkan diunggah ke kanal Youtube.

Secara blak-blakan, Jhoni menyebut Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) adalah orang yang justru melakukan kudeta di tubuh Partai Demokrat.

Waktu itu, SBY melakukan kudeta terhadap kepemimpinan Anas Urbaningrum.

Politikus dari Dapil Sumatera Utara ini menceritakan kuedeta itu berawal saat Anas Urbaningrum terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat berdasarkan hasil kongres pada 2010.

Baca Juga: Marzuki Alie: Nanti Saya Buka Satu-Satu Pembohongnya SBY

Dalam perjalanannya, Anas Urbaningrum kemudian tersandung kasus hukum. Ketika itu, kata Jhoni, status Anas Urbaningrum belum menjadi tersangka.

Lalu, SBY yang saat itu sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat lantas mengambil alih kepemimpinan Partai Demokrat dari tangan Anas. Caranya, dengan membentuk Presidium.

Baca Juga: Disebut Pengkhianat, Marzuki Ali Minta SBY Tidak Merasa Benar Sendiri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.