Kompas TV nasional berita utama

Usai Jokowi Resmikan KRL Yogya-Solo, Menhub: Dirancang jadi Angkutan Massal Masa Depan di Indonesia

Kompas.tv - 1 Maret 2021, 12:20 WIB
usai-jokowi-resmikan-krl-yogya-solo-menhub-dirancang-jadi-angkutan-massal-masa-depan-di-indonesia
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan nampak Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kanan) saat meresmikan operasional KRL di Stasiun Yogyakarta, Senin (1/3/2021). (Sumber: Channel YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Gading Persada

YOGYAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan operasional kereta listrik (KRL) Yogyakarta-Solo di Stasiun Yogyakarta, Senin (1/3/2021).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang ikut dalam peresmian itu menyebut bahwa peluncuran KLR sebagai bentuk negara hadir dan akan terus meningkatkan pelayanan.

“KRL memang dirancang menjadi angkutan massal masa depan di Indonesia,” imbuh Budi Karya.

Baca Juga: Resmikan KRL Yogya-Solo, Jokowi: Ini Sebuah Transportasi Massal Ramah Lingkungan

Budi Karya berharap pembangunan KRL dapat diteruskan hingga ke Stasiun Kutoarjo, Kabupaten Purworejo (wilayah Barat) dan sampai ke Madiun (wilayah Timur).

Apabila hal tersebut dapat direalisasikan, bukan tidak mungkin pekerja asal Madiun dapat pergi-pulang dari Madiun ke Yogyakarta dalam sehari.

"Harapannya KRL diteruskan ke Kutoarjo wilayah Barat dan ke Timur sampai madiun. Jadi bisa dibayangkan seorang asal Madiun bisa pulang sehari kerja di Jogja atau sebaliknya," ungkap Menhub seperti dikutip dari TribunJogja.com, Senin (1/3/2021).

Baca Juga: Selama Sepekan, 7.366 Orang Ikuti Perjalanan Uji Coba KRL Yogyakarta-Solo

Sehari sebelum peresmian pada Minggu (28/1/2021), Menhub juga ikut menjajal langsung perjalanan Solo-Yogyakarta menggunakan KRL hasil produksi konsorsium PT INKA Madiun dengan Bombardier.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.