Kompas TV internasional kompas dunia

Kereta Kuda Indah Peninggalan Pompeii Jaman Romawi Ditemukan

Minggu, 28 Februari 2021 | 22:13 WIB
kereta-kuda-indah-peninggalan-pompeii-jaman-romawi-ditemukan
Bagian samping dari kereta kuda jaman Pompeii Romawi kuno (Sumber: Pompeii Archaeological Park)

ROMA, KOMPAS.TV - Sebuah kereta Romawi berornamen indah ditemukan "hampir utuh" di dekat kota Pompeii yang terkubur di Italia, demikian diumumkan Otoritas Taman Arkeologi Pompeii Sabtu, (27/02/2021) yang menyebut temuan tersebut sebagai penemuan yang "tidak ada bandingannya" di negara itu.

Kereta kuda prosesi beroda empat ditemukan di serambi menuju istal di mana sisa-sisa tiga kuda berhasil digali tahun 2018, termasuk satu yang masih mengenakan tali kekang.

Pompeii terkubur dalam lahar mendidih ketika Gunung Vesuvius meletus pada 79 M, menewaskan antara 2.000 dan 15.000 orang.

Baca Juga: Apa Menu Favorit Warga Pompeii? Situs Restoran Cepat Saji Yang Berhasil Digali Menemukan Jawabannya

"Sebuah kereta seremonial besar dengan empat roda, bersama dengan komponen besinya, dekorasi perunggu dan timah yang indah, sisa-sisa kayu mineral dan jejak bahan organik (dari tali hingga sisa-sisa hiasan bunga), telah ditemukan hampir utuh," sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh taman arkeologi tersebut.

"Ini adalah penemuan luar biasa ... yang sejauh ini tidak ada bandingannya di Italia - dalam kondisi pelestarian yang sangat baik."

Situs penggalian tersebut dikenal sebagai Civita Giuliana, sebuah vila pinggiran kota yang terletak hanya beberapa ratus meter dari kota kuno Pompeii.

Baca Juga: Jasad Majikan dan Budak Yang Terkubur Abu Gunung Vesuvius 2.000 Tahun Lalu di Pompeii Ditemukan

Tampak samping dan belakang kereta kuda di Pompeii. Sebuah kereta Romawi berornamen indah ditemukan "hampir utuh" di dekat kota Pompeii yang terkubur di Italia, demikian diumumkan Otoritas Taman Arkeologi Pompeii Sabtu, (27/02/2021) yang menyebut temuan tersebut sebagai penemuan yang "tidak ada bandingannya" di negara itu(Sumber: Pompeii Archaeological Park)

Penggalian tersebut merupakan bagian dari program yang ditujukan untuk memerangi aktivitas ilegal di daerah tersebut, termasuk penggalian terowongan untuk menjangkau artefak yang dapat dijual di pasar gelap.

Penjarah gagal menemukan ruangan tempat kereta itu diletakkan selama hampir 2.000 tahun, hanya terowongan di kedua sisi, kata pernyataan taman itu.

Penulis : Edwin Shri Bimo

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:19
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19