Kompas TV internasional kompas dunia

Kereta Kuda Indah Peninggalan Pompeii Jaman Romawi Ditemukan

Kompas.tv - 28 Februari 2021, 22:13 WIB
kereta-kuda-indah-peninggalan-pompeii-jaman-romawi-ditemukan
Bagian samping dari kereta kuda jaman Pompeii Romawi kuno (Sumber: Pompeii Archaeological Park)
Penulis : Edwin Shri Bimo

ROMA, KOMPAS.TV - Sebuah kereta Romawi berornamen indah ditemukan "hampir utuh" di dekat kota Pompeii yang terkubur di Italia, demikian diumumkan Otoritas Taman Arkeologi Pompeii Sabtu, (27/02/2021) yang menyebut temuan tersebut sebagai penemuan yang "tidak ada bandingannya" di negara itu.

Kereta kuda prosesi beroda empat ditemukan di serambi menuju istal di mana sisa-sisa tiga kuda berhasil digali tahun 2018, termasuk satu yang masih mengenakan tali kekang.

Pompeii terkubur dalam lahar mendidih ketika Gunung Vesuvius meletus pada 79 M, menewaskan antara 2.000 dan 15.000 orang.

Baca Juga: Apa Menu Favorit Warga Pompeii? Situs Restoran Cepat Saji Yang Berhasil Digali Menemukan Jawabannya

"Sebuah kereta seremonial besar dengan empat roda, bersama dengan komponen besinya, dekorasi perunggu dan timah yang indah, sisa-sisa kayu mineral dan jejak bahan organik (dari tali hingga sisa-sisa hiasan bunga), telah ditemukan hampir utuh," sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh taman arkeologi tersebut.

"Ini adalah penemuan luar biasa ... yang sejauh ini tidak ada bandingannya di Italia - dalam kondisi pelestarian yang sangat baik."

Situs penggalian tersebut dikenal sebagai Civita Giuliana, sebuah vila pinggiran kota yang terletak hanya beberapa ratus meter dari kota kuno Pompeii.

Baca Juga: Jasad Majikan dan Budak Yang Terkubur Abu Gunung Vesuvius 2.000 Tahun Lalu di Pompeii Ditemukan

Tampak samping dan belakang kereta kuda di Pompeii. Sebuah kereta Romawi berornamen indah ditemukan "hampir utuh" di dekat kota Pompeii yang terkubur di Italia, demikian diumumkan Otoritas Taman Arkeologi Pompeii Sabtu, (27/02/2021) yang menyebut temuan tersebut sebagai penemuan yang "tidak ada bandingannya" di negara itu(Sumber: Pompeii Archaeological Park)

Penggalian tersebut merupakan bagian dari program yang ditujukan untuk memerangi aktivitas ilegal di daerah tersebut, termasuk penggalian terowongan untuk menjangkau artefak yang dapat dijual di pasar gelap.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x