Kompas TV regional berita daerah

Warga Mencari Kerang di Kawasan Hutan Mangrove

Minggu, 28 Februari 2021 | 16:15 WIB

KOMPAS.TV - Kerang merupakan mata pencarian masyarakat yang tinggal di pesisir pantai, karena kerang-kerang hidup di pasang surutnya air laut pada kawasan mangrove.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup, warga pesisir pantai setiap harinya harus mencari kerang, seperti yang dilakukan penduduk Jalan Victory Pantai Kota Sorong.

Warga dengan menggunakan perahu melintasi sungai yang di kelilingi mangrove untuk sampai di muara tempat mencari kerang.

Berburu kerang atau bia darah yang biasa disebut masyarakat setempatharus pintar mengamati waktu pasang surut yang tepat.

Kerena setiap hari waktu pasang surutnya air berbda-beda.

Cara mencari kerang ini sangatlah mudah, tidak harus menggunakan peralatan canggih, karena kerang dapat di cari hanya menggunakan tangan.

Dalam waktu 1 hingga 2 jam nelayan pencari kerang sudah bisa memperoleh kerang hampir setengah karung.

Setelah didapat kerang-kerang tersebut dikumpulkan kemudian di jual di pasar.

Untuk satu tumpuk kerang dihargai 100 ribu rupiah.

Mencari kerang merupakan mata pencarian warga di pesisir pantai sehingga setiap harinya mereka harus berupaya untuk memperoleh kerang.

Penulis : Luthfan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:13
PEMERINTAH PERPANJANG PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT BERBASIS MIKRO HINGGA 3 MEI 2021   PEMKOT BANDUNG MENYATAKAN 50 PERSEN TENAGA PENDIDIK TELAH DIVAKSINASI COVID-19   BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI KEMBANGKAN BERBAGAI TEKNOLOGI MITIGASI PERUBAHAN IKLIM   POLRI SEGERA TERBITKAN DAFTAR PENCARIAN ORANG ATAS JOZEPH PAUL ZHANG YANG MENGAKU SEBAGAI NABI KE-26   DINAS KESEHATAN KALIMANTAN BARAT: VAKSINASI WARGA LANSIA TAHAP DUA BARU MENCAPAI 1,25 PERSEN    PEMKOT JAKARTA SELATAN GANDENG TNI DAN POLRI GENCARKAN OPERASI TERTIB MASKER   PEMKAB BANYUMAS BENTUK POS KOMANDO PELAKSANAAN TUNJANGAN HARI RAYA KEAGAMAAN 2021   MENAKER LUNCURKAN POSKO THR UNTUK MEMANTAU DAN MENGATASI MASALAH PEMBERIAN THR   KEMENDESA PDTT TERUS GIATKAN SOSIALISASI LARANGAN MUDIK LEBARAN DEMI KESEHATAN BERSAMA   PEMPROV DKI JAKARTA BUKA VAKSINASI UNTUK PELAKU EKONOMI KREATIF, DARI PEMUSIK HINGGA PENGUSAHA KULINER   MENAG DORONG APARAT PENEGAK HUKUM TINDAK PELAKU UJARAN KEBENCIAN YANG MENGARAH KE PENISTAAN AGAMA   WALI KOTA DEPOK MOHAMMAD IDRIS: PEMKOT DUKUNG PENGUSUTAN DUGAAN KORUPSI DAMKAR DEPOK   SATPOL PP DIRIKAN 8 POSKO DI PASAR TANAH ABANG UNTUK PANTAU PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA PEMERINTAH CARI SOLUSI CEGAH PERKAWINAN ANAK