Kompas TV regional peristiwa

Kebakaran Lahan, Kualitas Udara di Pontianak Berbahaya

Minggu, 28 Februari 2021 | 14:41 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Kualitas udara di Kota Pontianak Kalimantan Barat memburuk selama sehari kemarin (27/02/2021), akibat kabut asap kebakaran lahan gambut.

Polisi menyegel 5 lahan gambut yang terbakar karena diduga sebagai dalang buruknya kualitas udara di Pontianak kemarin.

Dua ruangan sekolah SMK Negeri 1 Sungai Raya ini hangus terbakar akibat lahan gambut yang terbakar merembet ke gedung sekolah.

Api baru dapat di padamkan beberapa jam kemudian.

Warga sekitar mengatakan api merembet dari kebakaran lahan gambut yang sudah terjadi beberapa hari di sekitaran sekolah.

Peristiwa ini merupakan bagian kecil dari buruknya dampak kebakaran lahan gambut.

Selain kebakaran sekolah, lahan gambut yang terbakar juga mengakibatkan kualitas udara yang buruk di Kota Pontianak dalam sehari kemarin.

Polisi kemudian bergerak cepat dengan mencari sumber awal kebakaran.

Hasilnya, 5 lahan terbakar di Kota Pontianak ini kemudian disegel polisi.

Penyegelan dipimpin langsung oleh Wali Kota Pontianak.

Wali Kota menyebut, salah satu lahan yang sengaja dibakar oleh pemiliknya diketahui akan dibangun perumahan.

Proses pemadaman masih terus dilakukan dengan pembangunan posko di beberapa titik yang dekat dengan lokasi kebakaran.

Dampak kebakaran lahan gambut juga sempat mengganggu penerbangan di Kalimantan Barat.

Sebanyak 3 pesawat terganggu pendaratannya akibat kabut asap yang menutup landasan pacu Bandara Supadio Pontianak, Kalimantan Barat.

Tak hanya mengganggu jarak pandang, aroma terbakar juga tercium dari kabut asap kebakaran lahan gambut.

Masyarakat dengan resiko penyakit pernapasan diimbau untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Penulis : Luthfan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:00
SEBANYAK 40 ORANG TERLUKA DAN 6 LAINNYA HILANG AKIBAT DITERJANG ANGIN TOPAN DI WUHAN, TIONGKOK   KEMENHUB SIAPKAN POS TES USAP ANTIGEN DI PELABUHAN BAKAUHENI DAN GILIMANUK ANTISIPASI ARUS BALIK   ANTISIPASI ARUS BALIK, SATGAS COVID-19 SIAPKAN 200.000 ALAT TES CEPAT KORONA ANTIGEN DI PELABUHAN BAKAUHENI   BUPATI KEDIRI HANINDHITO HIMAWAN PRAMANA TANGKAP BASAH CAMAT PURWOASRI YANG MINTA THR KE TIAP DESA   GERBANG TOL CILEGON BARAT DAN CILEGON TIMUR DITUTUP SEMENTARA UNTUK PERLAMBAT ARUS KENDARAAN MENUJU ANYER   ARUS LALU LINTAS DI TOL TANGERANG-MERAK DIALIHKAN IMBAS KEMACETAN MENUJU PANTAI ANYER   KADIN AKAN LAKSANAKAN VAKSINASI GOTONG ROYONG SETELAH IDUL FITRI   SEBANYAK 8 ORANG TEWAS DALAM KECELAKAAN SELAMA MASA OPERASI KETUPAT KRAKATAU 2021 DI LAMPUNG   ANGGOTA DPRD KABUPATEN ENDE, NTT, RIBERU KANISIUS, MENINGGAL DUNIA   GUBERNUR KALIMANTAN BARAT: SAAT INI TERDAPAT LEBIH DARI 1.000 KASUS COVID-19 AKTIF DI KALBAR   GUBERNUR KALBAR MENDUGA BEREDARNYA SURAT PALSU BEBAS COVID-19 JADI SEBAB MENINGKAT KASUS DI WILAYAHNYA   GUBERNUR JAWA TIMUR: INFORMASI SOAL JATIM ALAMI LEDAKAN KASUS COVID-19 ADALAH HOAKS   POLISI TANGKAP PERUSAK PAGAR TPU UTAN KAYU, JAKARTA TIMUR   POLRES CIANJUR, JABAR, TUTUP JALUR MENUJU PUNCAK-CIPANAS MULAI DARI BUNDARAN TUGU LAMPU GENTUR "BY-PASS"-CIANJUR