Kompas TV tekno internet

"Kapan Corona Berakhir?" dan 6 Hal Lain Seputar Covid-19 yang Dicari Netizen Indonesia di Google

Kompas.tv - 28 Februari 2021, 12:14 WIB
kapan-corona-berakhir-dan-6-hal-lain-seputar-covid-19-yang-dicari-netizen-indonesia-di-google
Ilustrasi Covid-19 (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Gempita Surya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Google baru-baru ini memaparkan laporan data tren pencarian di internet secara global selama pandemi Covid-19 yang bersumber dari data kanal Google Trends.

Data tersebut dihimpun selama periode 1 Januari 2020 hingga 31 Januari 2021 atau selama 13 bulan.

Adapun Google Trends merupakan tools berbasis web dari Google yang menyediakan grafik statistik tentang topik-topik yang trending atau yang paling banyak dicari oleh pengguna Google. Pencarian dapat ditampilkan berdasarkan bahasa, lokasi dan periode tertentu.

Baca Juga: Perbarui Fitur, Google Classroom di Android Akan Bisa Diakses Offline

Melansir KompasTekno, Simon Rogers selaku Data Editor Google News Lab menyebutkan, dalam setahun terakhir topik seputar virus corona di Google lebih banyak dicari dibanding informasi cuaca yang biasanya menjadi pencarian terbesar.

Adapun di Indonesia, penelusuran mengenai gejala virus Covid-19 pun masih sering dicari oleh banyak orang di Indonesia dalam 7 hari terakhir (per 18 Februari 2021). 

"Dari tahun lalu (2020), banyak orang Indonesia yang mempelajari tentang virus Covid-19. Penelusuran seputar gejalanya, bagaimana penyebarannya, pencegahan hingga kabar terkini seputar situasi penyebarannya di Indonesia juga meningkat secara signifikan," ujar Rogers.

Baca Juga: Staf Google Kerja Dari Rumah Hingga September 2021

Simon tak menyebutkan secara rinci mengenai angka pencarian setiap topik. Namun, ada tujuh kata kunci (keyword) seputar virus corona yang paling banyak dicari di Indonesia, antara lain:

  • Apa itu virus corona?
  • Kapan corona berakhir?
  • Cara mencegah virus corona
  • Cara penyebaran virus corona
  • Apa penyebab virus corona?
  • Bagaimana awal penyebaran virus corona
  • Apa gejala virus corona?

Untuk kata kunci "apa gejala virus corona" dalam tujuh hari terakhir, penelusuran tertinggi berada di lima wilayah di Indonesia yaitu Nusa Tenggara Timur, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Gorontalo, dan Jambi.

Dampak situasi pandemi terhadap kondisi ekonomi masyarakat membuat pencarian seputar topik Pemutusan Hak Kerja (PHK), "pengangguran", "kelaparan", dan lainnya juga ikut meningkat.

Baca Juga: Apple dan Google Bikin 'Exposure Notifications Express’, Lacak Kontak Pasien Covid-19 dengan Cepat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.