Kompas TV nasional peristiwa

Viral Kabar Wapres Ma'ruf Amin Bolehkan Miras Demi Kas Negara, MUI: Itu Hoax

Minggu, 28 Februari 2021 | 09:27 WIB
viral-kabar-wapres-ma-ruf-amin-bolehkan-miras-demi-kas-negara-mui-itu-hoax
Tangkapan layar berita hoax Wapres Ma'ruf Amin bolehkan miras demi kas negara (sumber: mui.or.di)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Beredar di media sosial dan aplikasi perperpesanan, screenshot (tangkapan layar) dari salah satu portal berita yang berjudul "Jual Minuman Keras Hukumnya Boleh Untuk Membantu Kas Negara". Pada gambar tersebut terdapat foto Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia, KH Maruf Amin, yang juga Wakil Presiden RI. Benarkah demikian?

Dilansir laman mui.or.di, setelah Tim Komisi Informasi dan Komunikasi (Infokom) Majelis Ulama Indonesia Pusat menelusuri tangkapan layar tersebut, ditemukan bahwa itu adalah berita yang mencatut portal berita Kompas.com. Tim Kominfo MUI  tidak menemukan berita yang berjudul seperti yang beredar.

Baca Juga: Mantan Wasekjen MUI Nadjamudin Ramly Meninggal Dunia, PP Muhammadiyah Kirim Pesan Duka Cita

Merujuk pada tanggal dan waktu berita tersebut diterbitkan, 17 Februari 2020 pukul 08:34 WIB, Tim Komisi Infokom menemukan berita dengan judul yang berbeda, yaitu "Wapres Maruf Amin Disuntik Vaksi Covid-19 Sinovac Pagi Ini".

Tim menyimpulkan bahwa tangkapan layar dari berita berjudul Jual Minuman Keras Hukumnya Boleh Untuk Kas Negara adalah fake news, berita palsu, atau hoax.

Baca Juga: Ada Sanksi Bagi Penolak Vaksinasi Covid-19, Ketua Umum MUI: Kami Setuju Agar Mereka Jera

Majelis Ulama Indonesia sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi tentang isu melegalkan bisnis minuman beralkohol.

Penulis : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:31
WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 4.234 ORANG: 3.325 SEMBUH, 181 MENINGGAL DUNIA, 728 DALAM PERAWATAN   JUMLAH KASUS KORONA DI DUNIA: 139.109.041 POSITIF, 79.216.434 SEMBUH, 2.986.608 MENINGGAL DUNIA   PRESIDEN AMERIKA SERIKAT JOE BIDEN MELARANG SEJUMLAH BANK UMUM AS BELI OBLIGLASI RUSIA MULAI 14 JUNI 2021   YUNANI BERENCANA CABUT PEMBATASAN KARANTINA MULAI PEKAN DEPAN BAGI WISATAWAN DARI UNI EROPA DAN 5 NEGARA LAINNYA   TIDAK ADA KORBAN JIWA DALAM PERISTIWA LEDAKAN SATU GARDU LISTRIK DI PLTG CNG JAKABARING, PALEMBANG   SATU GARDU DI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA GAS (PLTG) CNG JAKABARING, PALEMBANG, SUMSEL, MELEDAK   SDN 2 BATURETNO DAN SMAN 1 WONOGIRI KEMBALI GELAR KBM TATAP MUKA SETELAH TAK ADA TEMUAN PENULARAN COVID-19   MK PERINTAHKAN POLDA NTT DAN POLRES SABU RAIJUA LAKUKAN PENGAMANAN PSU DI SABU RAIJUA   KPU AKAN BERKOORDINASI DENGAN KPU NTT BAHAS PERSIAPAN PEMUNGUTAN SUARA ULANG (PSU) DI SABU RAIJUA   BI: HINGGA AKHIR FEBRUARI 2021, UTANG LUAR NEGERI INDONESIA SEBESAR RP 6.164,46 TRILIUN   MENKUMHAM YASONNA LAOLY YAKIN SATGAS BLBI DAPAT MENAGIH ASET SENILAI RP 110 TRILIUN   SATGAS BLBI PUNYA TENGGAT MENAGIH HAK ASET HINGGA 31 DESEMBER 2023   KEMENKES: SEMUA VAKSIN COVID-19 MASIH EFEKTIF MELAWAN VARIAN BARU VIRUS KORONA   KOMISI X DPR MINTA PP 57/2021 DIREVISI KARENA TAK WAJIBKAN PENDIDIKAN PANCASILA SEBAGAI PELAJARAN WAJIB