Kompas TV nasional hukum

Sebagai Partai Pengusung Nurdin Abdullah, PAN: Kami Kaget dan Prihatin

Sabtu, 27 Februari 2021 | 22:41 WIB
sebagai-partai-pengusung-nurdin-abdullah-pan-kami-kaget-dan-prihatin
Sekjen PAN Eddy Soeparno merasa terkejut dan prihatin dengan penangkapan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah yang ditangkap KPK. (Sumber: KompasTV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Amanat Nasional (PAN) mengaku terkejut dengan penangkapan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah oleh KPK.

"Sebagai partai pengusung Pak Nurdin Abdullah di Pilkada Sulawesi Selatan beberapa tahun lalu, tentu kami merasa kaget dan prihatin atas musibah yang menimpa Gubernur Sulawesi Selatan ini," kata Sekjen PAN Eddy Soeparno dalam pernyataannya kepada Jurnalis KompasTV Zeki Rahmat, Sabtu (27/2/2021).

PAN akan menghormati proses hukum yang sedang berjalan di KPK. PAN percaya KPK akan menegakkan hukum seadil-adilnya dalam proses yang sedang berlangsung terhadap Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah.

PAN mengaku tidak menyangka, sebagai sosok yang memperoleh begitu banyak penghargaan antikorupsi, Nurdin Abdullah mendapatkan penangkapan KPK atas dugaan kasus korupsi.

Dengan penangkapan ini, PAN memandang perlu adanya diskusi untuk menata kembali gelaran pemilihan kepala daerah serta demokrasi yang berbiaya mahal.

Harus diakui, kata Eddy, pemilihan yang mahal melahirkan praktik-praktik money politics untuk memenangkan pertarungan politik. Selanjutnya terdapat upaya politik balas jasa dan balas budi ketika sudah terpilih.

"Inilah yang perlu kita pikirkan bersama-sama. Menjadi PR dan tanggung jawab kita, seluruh partai politik, elemen masyarakat, stakeholder, untuk mendapatkan output yang lebih baik dalam proses demokrasi ke depannya," tutur Eddy.

Penulis : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:47
KPK PERPANJANG MASA PENAHANAN EKS DIRUT PT PELINDO II RJ LINO HINGGA 24 MEI 2021   PRESIDEN JOKOWI SEBUT KURVA KASUS COVID-19 AKAN TURUN SETELAH 70 JUTA PENDUDUK DIVAKSINASI   PRESIDEN INGATKAN PENANGANAN SEKTOR EKONOMI MAUPUN KESEHATAN YANG TERDAMPAK PANDEMI BERJALAN SECARA BERIRINGAN   PRESIDEN JOKOWI MEWANTI-WANTI KEPALA DAERAH TAK MEMPERLAMBAT IZIN INVESTASI   PRESIDEN JOKOWI MINTA KEPALA DAERAH YANG BARU TERPILIH PADA PILKADA 2020 BEKERJA SECARA CEPAT   BPOM: KOMPONEN UTAMA PEMBUATAN VAKSIN NUSANTARA DIIMPOR DARI AMERIKA SERIKAT   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD INGATKAN KEPALA DAERAH HINDARI PERILAKU KORUPTIF DAN DAPAT JALANKAN AMANAH   MENTERI BUMN ERICK THOHIR AKAN BERIKAN DUKUNGAN MAKSIMAL UNTUK KESUKSESAN PENYELENGGARAAN FIBA ASIA CUP 2021   PRESIDEN JOKOWI MEMINTA PENYELENGGARAAN KOMPETISI LIGA 1 DAN LIGA 2 DISIAPKAN SECARA MATANG   KAKORLANTAS POLRI IRJEN ISTIONO SEBUT TERDAPAT 333 POS PENYEKATAN MUDIK LEBARAN 2021   OMBUDSMAN MINTA PERTAMINA GANTI RUGI WARGA TERDAMPAK LEDAKAN KILANG MINYAK BALONGAN, INDRAMAYU, JABAR   POLDA JAWA BARAT MINTA PEMDA DATA PEMUDIK SUDAH PULANG KAMPUNG DULUAN   LARANGAN MUDIK LEBARAN, POLDA JAWA BARAT SIAPKAN 120 TITIK PENYEKATAN   KAPOLRI HARAP PERPANJANG SIM DI APLIKASI DARING HAPUS CELAH CALO