Kompas TV entertainment selebriti

Komentar Rasis ke BTS, Penyiar Radio Asal Jerman Minta Maaf

Kompas.tv - 27 Februari 2021, 15:25 WIB
komentar-rasis-ke-bts-penyiar-radio-asal-jerman-minta-maaf
BTS raih enam piala di ajang Seoul Music Awards 2021 (Sumber: Twitter/@bts_bighit)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah dikecam oleh penggemar BTS di berbagai belahan di dunia karena komentar rasisnya, penyiar radio asal Jerman Matthias Matuschik ini akhirnya meminta maaf.

Sebelumnya, Matthias Matuschik menyebut BTS sama mengerikannya dengan virus corona dan mengatakan bahwa dia berharap vaksin akan segera dibuat untuk mereka.

Radio Bayern3 mengatakan ucapan penyiar bernama Matthias Matuschik tersebut keterlaluan tetapi tidak bermaksud "menghina ataupun rasialis" terhadap BTS.

Baca Juga: Coldplay Puji BTS Saat Bawakan Lagu Fix You di MTV Unplugged

Dalam permintaan maafnya, Bayern3 mengakui Matuschik menyatakan pendapatnya dengan cara ironis dan berlebihan sehingga kata-katanya menyakiti hati penggemar BTS.

"Namun dia (Matuschik) sudah meyakinkan kami bahwa dia tidak bermaksud seperti itu (menghina). Dia hanya ingin menyatakan ketidaksukaannya terhadap versi cover lagu (Fix You oleh BTS) itu," kata Bayern3, Jumat (26/2/2021).

Tidak hanya penggemar K-Pop, namun netizen umum juga mengecam tindakannya ini dan menaikkan tagar di Twitter untuk menegaskan bahwa isu rasisme bukanlah sesuatu untuk dibuat bercanda.

Baca Juga: Tampil Pagi Ini! Begini Cara Nonton BTS di MTV Unplugged

Protes penggemar itu diramaikan dengan tagar #Bayern3Racist, #Bayern3Apologize dan #RassismusBeiBayern3 yang berarti "rasisme di Bayern3.

Tidak lama kemudian pihak radio Bayern3 dan Matthias Matuschik sendiri telah menggungah permintaan maaf.

"Kami mohon maaf dalam segala bentuk atas hal-hal yang dikatakan penyiar radio kami Matthias Matuschik dalam pertunjukan live-nya. Itu tidak dapat diterima dengan kata-kata yang dia gambarkan tentang boy group BTS. Dan kami dari Bayern3 juga seperti yang dia tahu, bahwa tidak cukup jika maksudnya berbeda," tulis pihak radio Bayern3.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.