Kompas TV regional berita daerah

Orangtua Cerai dan Pergi Merantau, Anak Lumpuh Ini Dirawat Kakeknya

Kompas.tv - 27 Februari 2021, 13:51 WIB
Penulis : KompasTV Jember

KEDIRI, KOMPAS.TV - Seorang kakek dan nenek di Kabupaten Kediri Jawa Timur harus menghidupi cucunya yang lumpuh sejak kecil dengan berjualan balon. Di usianya yang renta, mereka tetap semangat mengumpulkan pundi-pundi rupiah demi biaya berobat sang cucu tercinta.

Di tengah terik matahari pasangan kakek dan nenek, yakni Trimo dan Mona, asal Desa Sukoanyar Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri tetap semangat berjualan. Meski di usia renta, sepasang suami istri itu tetap nekat berpanas-panasan di tepi jalan demi menjajakan balon jualannya.

Baca Juga: Ibu dengan Dua Anak Lumpuh Hidup dalam Impitan Ekonomi

Perjuangan kakek dan nenek itu bukan tanpa alasan. Di usianya yang menginjak 70 tahun, mereka berdua masih harus menghidupi cucu tercintanya, yakni Dinda, yang divonis lumpuh sejak kecil.

Kedua orang tua Dinda telah bercerai. Ia kemudian dititipkan sang ayah yang merantau ke luar pulau kepada kakek dan neneknya. Sejak saat itulah, Trimo dan Mona terus merawat Dinda sang cucu dengan segala keterbatasan ekonomi yang dialaminya.

Sebelum pandemi, Trimo bekerja sebagai buruh serabutan. Namun akibat adanya pembatasan sosial ia harus kehilangan pekerjaannya.

Kini ia memilih berjualan balon yang hasilnya tidak menentu demi memenuhi semua kebutuhan hidup. Bahkan pernah dalam satu hari, balon jualannya tidak ada yang laku sama sekali.

Tidak hanya itu, bangunan rumah yang dihuni Trimo dan Mona merupakan milik desa. Kakek dan nenek itu terpaksa menumpang di tanah desa, setelah rumah mereka dijual oleh sang anak yang pergi ke luar pulau.

Kepala Desa Sukoanyar, Mulyani mengaku terus berupaya memberikan bantuan, mulai dari BPNT hingga pemberian izin guna lahan untuk didirikan rumah bagi Trimo dan cucunya.

Baca Juga: Balita dari Keluarga Miskin Mengidap Lumpuh Otak, Tak Tersentuh Pengobatan Rumah Sakit

Di tengah segala keterbatasan ekonomi itu, Trimo tetap bersyukur, karena masih diberikan kesehatan oleh tuhan. Sehingga ia masih sanggup untuk mencari nafkah bagi istrinya dan sang cucu yang lumpuh.

Bagi Trimo, cucunya adalah titipan tuhan yang harus dijaga dan dirawat dengan sungguh-sungguh. Ia juga terus menabung demi biaya berobat sang cucu tercinta.

#AnakLumpuh #KakekNenek #OrangtuaCerai #KeluargaMiskin



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x