Kompas TV nasional sosok

Foto Jadul Ketum Muhammadiyah Haedar Nashir Ketika Jadi Wartawan

Kompas.tv - 27 Februari 2021, 06:35 WIB
foto-jadul-ketum-muhammadiyah-haedar-nashir-ketika-jadi-wartawan
Ketua UmumPP Muhammadiyah ketika menjadi wartawan (kanan) (Sumber: @literasimuhammadiyah )
Penulis : Iman Firdaus


JAKARTA, KOMPAS.TV- Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir,  sebelum terpilih menjadi ketua pengurus pusat,  pernah aktif   menjadi wartawan Suara Muhammadiyah. Di majalah milik persyarikatan itu, Haedar malah pernah duduk sebagai pemimpin redaksi.

Yang menarik di media sosial Muhammadiyah beredar foto lama Haedar Nashir saat mewawancari Profesor Mitsuo Nakamura, antropolog dari Univesitas Chiba Jepang. Nakamura banyak meneliti ormas ini hingga diterbitkan menjadi buku berjudul  "Bulan Sabit Terbit di Atas Pohon Beringin: Studi Tentang Pergerakan Muhammadiyah di Kotagede Sekitar 1910-2010."

Dalam foto yang tidak disebutkan tahunnya itu, Haedar Nashir tampak memakai kemeja putih dengan rambut yang lumayan panjang dan sedikit acak-acakan. Dia sedang menyodorkan tape recorder untuk merekam hasil wawancara. 

Baca Juga: 23 Februari 1923, Pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan Meninggal Dunia

Dalam cuitan di @literasimuhammadiyah disebutkan, "profesi wartawan, beliau jalani sejak menempuh pendidikan tinggi S1 dan S2 di Yogyakarta. Bahkan, walaupun kini beliau sudah berada pada puncak kepemimpinan di organisasi Muhammadiyah, profesi sebagai seorang penulis, tidak begitu saja hilang dari dalam tradisi kehidupan Haedar."

Baca Juga: Kapolri Bersilaturahmi ke PP Muhammadiyah, Ini 3 Pesan Haedar Nashir untuk Listyo Sigit

Meski sudah tidak menjadi wartawan, Haedar tetap aktif menulis. "Banyak karya-karya tulis Haedar yg terus hadir dalam berbagai bentuk seperti buku, artikel, kolom dan lainnya, yang kini telah menjadi konsumsi publik. Bahkan hingga saat ini, Haedar masih menekuni dunia jurnalis dengan menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Majalah Suara Muhammadiyah" 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x