Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Ini Jenis-jenis Harta yang Harus Dilaporkan dalam SPT

Sabtu, 27 Februari 2021 | 05:00 WIB
ini-jenis-jenis-harta-yang-harus-dilaporkan-dalam-spt
Ilustrasi kantor Dirjen Pajak (Sumber: Kompas/Riza Fathoni)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Batas waktu pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Tahunan untuk wajib pajak orang pribadi, tinggal 1 bulan lagi. Yaitu sampai akhir Maret 2021.

Mungkin masih banyak wajib pajak yang tidak tahu, selain penghasilan tetap, apa saja yang harus dilaporkan dalam SPT.

Baca Juga: Dear Wajib Pajak, Sepeda hingga PS5 Harus Dimasukkan ke SPT Loh!

Dalam situs resminya pajak.go.id, Ditjen Pajak Kementerian Keuangan mengatakan seluruh harta yang dimiliki oleh seseorang yang telah menjadi wajib pajak harus dilaporkan dalam Surat Pemberitahuan (SPT) pajak tahunan. Seluruh jenis harta harus dilaporkan, tanpa ada batas minimal harga.

Ditjen Pajak pun menjelaskan, harta yang dilaporkan dalam SPT adalah barang yang bersumber dari penghasilan dan tidak habis dikonsumsi.

Baca Juga: Hadapi Corona, Pemerintah Tanggung PPh Pasal 21 Industri Manufaktur

Pengeluaran untuk konsumsi misalnya yakni makan, minum, kebersihan, listrik, air, dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Kemudian juga biaya sekolah serta biaya perawatan kendaraan.

Penulis : Dina Karina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:15
BAKAMLA RI PERINGATKAN KAPAL BERBENDERA YUNANI YANG MONDAR-MANDIR DI WILAYAH ALUR LAUT KEPULAUAN INDONESIA (ALKI) 3   WARGA KAMPUNG AKUARIUM AKAN MENEMPATI TOWER B DAN TOWER D KAMPUNG SUSUN AKUARIUM PADA AGUSTUS 2021   GUBERNUR NTT VIKTOR LAISKODAT AKAN KEMBALI MENDESAIN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN PASCABENCANA   GUBERNUR NTT VIKTOR LAISKODAT SEBUT SEBANYAK 1.023 KELUARGA MENGUNGSI AKIBAT BENCANA DI NTT   PBNU MEMINTA MATA PELAJARAN PANCASILA TETAP DIJADIKAN MATA PELAJARAN WAJIB   MENKO KEMARITIMAN LUHUT BINSAR PANDJAITAN TARGETKAN EMISI GAS RUMAH ENERGI TERBARUKAN TURUN 314 JUTA TON DI 2030   KPPU: HARGA TELUR HINGGA DAGING AYAM NAIK DI HAMPIR SEMUA PROVINSI   KPPU AKAN CEK LONJAKAN HARGA TAK WAJAR TELUR DAN DAGING AYAM DI SEJUMLAH DAERAH SELAMA BULAN RAMADAN   KOMNAS HAM SELIDIKI TEWASNYA TAHANAN KASUS NARKOBA POLRES TANGSEL   MENDAG MUHAMMAD LUTFI: DEFISIT NERACA DAGANG INDONESIA DENGAN TIONGKOK TURUN PADA JANUARI-MARET 2021   PEMKOT YOGYAKARTA BAKAL MENGGELAR SEKOLAH TATAP MUKA ATAU PEMBELAJARAN TATAP MUKA SEUSAI LEBARAN   PEMPROV DKI MELARANG PNS MENGGELAR BUKA PUASA DAN SAHUR BERSAMA SELAMA BULAN RAMADAN   HINGGA 16 APRIL 2021, SEBANYAK 5,81 JUTA ORANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA, 10,7 JUTA DOSIS PERTAMA   PRESIDEN JOKOWI TAK INGIN KASUS POSITIF COVID-19 MELONJAK LAGI KARENA MUDIK LEBARAN TAHUN INI