Kompas TV internasional kompas dunia

PNS Ikut Mogok Massal, Junta Militer Myanmar Terancam Lumpuh

Jumat, 26 Februari 2021 | 17:49 WIB
pns-ikut-mogok-massal-junta-militer-myanmar-terancam-lumpuh
Para guru ikut melakukan pemogokan dan demo di Yangon, Myanmar, Jumat (26/2/2021). Gelombang demo terus membesar dan melibatkan para pegawai negeri. (Sumber: AP Photo)

NAYPYIDAW, KOMPAS.TV - Dewan militer Myanmar di bawah Jenderal Min Aung Hlaing mulai limbung setelah sebagian besar pegawai pemerintahan ikut mogok kerja dan unjuk rasa.

Mengutip france24.com, utusan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) di Myanmar memperkirakan tiga perempat PNS Myanmar ikut melakukan demo. Sementara, sebuah survei swadaya menemukan, peserta demo berasal dari seluruh kementerian Myanmar yang berjumlah 24 departemen.

Minggu ini, Aung Hlaing mengatakan sepertiga dari rumah sakit di Myanmar tak lagi berfungsi karena para dokter mogok kerja.

Baca Juga: Inggris Berlakukan Sanksi Bagi Enam Jenderal Myanmar

Menghadapi pemogokan ini, Aung Hlaing memberi petunjuk akan memberi hadiah uang bagi dokter dan guru yang mau kembali bekerja.

Karena kekurangan dokter, rumah sakit harus menolak pasien-pasien baru. Sementara, para pengunjuk rasa membentuk tim medis untuk memberi pertolongan darurat bagi mereka yang terkena tembakan dari aparat Myanmar.

Di sisi lain, para juru ketik, supir, dan pekerja administrasi juga ikut mogok kerja dan menghambat kerja pemerintahan. Laporan media lokal menyebut, mereka yang mogok kerja telah dipecat.

Penulis : Ahmad Zuhad





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:33
KEPALA DINAS PERHUBUNGAN DKI: SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) TIDAK BERLAKU LAGI MULAI SELASA, 18 MEI 2021    GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL: SAAT INI TIDAK ADA KABUPATEN ATAU KOTA DI JABAR BERSTATUS ZONA MERAH COVID-19    GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TEGASKAN TIDAK MELARANG WARGA DARI DAERAH UNTUK MASUK JAKARTA    PT KAI: KEDATANGAN PENUMPANG KA JARAK JAUH DI JAKARTA TERPANTAU LANDAI   SEKJEN ORGANISASI PEKERJA NILAI PEMERINTAH PERLU TINJAU ULANG HARGA DAN TARIF PELAYANAN VAKSINASI GOTONG ROYONG   PEMERINTAH TETAPKAN HARGA PEMBELIAN VAKSIN GOTONG ROYONG RP 321.660 PER DOSIS & TARIF PELAYANAN VAKSINASI RP 117.910   OPERASI KETUPAT DIPERPANJANG HINGGA 24 MEI, ADA 14 TITIK PENYEKATAN DI JABODETABEK   POLDA METRO JAYA: OPERASI KETUPAT DALAM PENANGANAN COVID-19 DI MASA LIBUR LEBARAN DIPERPANJANG HINGGA 24 MEI 2021   KASUS KERUMUNAN DI MEGAMENDUNG, JPU TUNTUT RIZIEQ SHIHAB 10 BULAN PENJARA DAN DENDA RP 50 JUTA   KETUA SATGAS: MASYARAKAT BARU BISA MERASA NYAMAN APABILA KASUS PENULARAN COVID-19 DAPAT TERUS TERKENDALI   KETUA SATGAS DONI MONARDO: HAMPIR SEMUA WILAYAH PULAU SUMATERA ZONA MERAH DAN ORANYE COVID-19   DINAS PERHUBUNGAN DKI JAKARTA GELAR PENYEKATAN PERGERAKAN ORANG SAMPAI 24 MEI 2021   DISHUB DKI PASTIKAN KEAMANAN PELAYARAN WISATA DARI JAKARTA MENUJU KEPULAUAN SERIBU   ANTISIPASI LONJAKAN COVID-19, PEMKOT TANGERANG SIAPKAN ENAM RUMAH ISOLASI TERKONSENTRASI (RIT)