Kompas TV video cerita indonesia

Apa Saja Manfaat Gaya Listrik di Kehidupan Sehari-hari?

Kompas.tv - 26 Februari 2021, 16:32 WIB
Penulis : Gempita Surya

SOLO, KOMPAS.TV – Listrik adalah salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia di jaman yang serba modern.

Selain energi, listrik juga disebut sebagai gaya karena aliran listrik memberikan gaya pada partikel bermuatan lain dan menyebabkannya bergerak atau bekerja.

Berikut beberapa manfaat gaya listrik dalam kehidupan sehari-hari:

1. Penerangan

Listrik membuat kita dengan mudah menyalakan lampu saat keadaan gelap. Listrik membuat manusia bisa beraktivitas saat malam hari, atau di lingkungan dan kondisi yang gelap.

2. Menyalakan alat elektronik

Tanpa adanya listrik, alat-alat elektronik tidak akan bisa menyala. Contoh alat elektronik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah televisi, kulkas, komputer, setrika, microwave, dan lain-lain.

3. Baterai

Baterai adalah media penyimpanan listrik yang dapat digunakan sampai daya listrik didalamnya habis. Pemanfaatan baterai dapat dijumpai di ponsel, laptop, dan arloji.

4. Keperluan industri

Gaya dan energi listrik menggerakkan industri yang menjadi tiang perekonomian manusia. Listrik digunakan untuk menyalakan mesin-mesin produksi dalam industri. Sebagian besar produksi dalam industri membutuhkan listrik sebagai bahan bakarnya.

5. Transportasi

Moda transportasi seperti KRL, mobil listrik, atau motor listrik bersifat lebih ramah lingkungan. Karena selain minim polusi, kendaraan berbasis listrik juga lebih hemat energi dibandingkan kendaraan pada umumnya yang menggunakan bahan bakar fosil.

6. Ilmu Pengetahuan

Ditemukannya listrik memancing lebih banyak pengetahuan tentang elektronika. Yang mulanya hanya digunakan untuk menyalakan lampu, dengan perkembangan ilmu pengetahuan kini listrik dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan perangkat seperti robot, drone, kapal selam, komputer super, dan sensor keamanan.

Meski kehidupan manusia telah menjadi lebih mudah karena adanya listrik, tetap ingat untuk bijak menggunakan listrik sesuai kebutuhan.(*)

Video Editor & Grafis: Agus Eko



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x