Kompas TV nasional update corona

Akurasi GeNose Ditingkatkan, Peneliti UGM Sempurnakan Kecerdasan Buatan

Jumat, 26 Februari 2021 | 15:07 WIB
akurasi-genose-ditingkatkan-peneliti-ugm-sempurnakan-kecerdasan-buatan
GeNose pendeteksi Covid-19 karya peneliti UGM siap dipasarkan setelah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan. (Sumber: Dokumentasi Humas UGM)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- GeNose, alat deteksi Covid-19 lewat embusan nafas inovasi peneliti UGM, masuk dalam tahap penyempurnaan. Para peneliti UGM berupaya meningkatkan akurasi GeNose.

Menurut Ketua Tim Peneliti GeNose, Kuwat Triyana, pengembangan GeNose dilakukan di sisi artificial intelligence atau kecerdasan buatan dan prosedur operasi standar penggunaan alat.

“Kami berupaya mengembangkan akurasi GeNose dengan menambah kemampuan sensitivitas dan spesifitas,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (26/2/2021).

Baca Juga: Babak Baru GeNose, Menuju Uji Validasi Eksternal

Ia mengungkapkan saat ini para peneliti GeNose UGM sedang fokus pada aspek kontamintasi yang dapat menyebabkan sensitivitas GeNose terganggu. Misal, seseorang yang merokok sebelum tes. GeNose dipastikan setiap saat dengan memperbarui sampel setiap hari.

Peneliti GeNose lainnya, Dian K Nurputra,  mengatakan bahwa secara teknologi dan teknik, mesin GeNose telah mapan. Namun, saat ini peneliti masih menyempurnakan kecerdasan buatan yang menjadi otak dari alat deteksi Covid-19 tersebut. “

Penggunaan GeNose di stasiun dan bandara akan menghimpun data-data baru bagi pengembangan kecerdasan buatan yang semakin akurat,” ucapnya.

Penulis : Switzy Sabandar





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:18
KETUA DPR: PERAN PEREMPUAN SANGAT PENTING DALAM MEMPERCEPAT PEMULIHAN KESEHATAN & EKONOMI DI MASA PANDEMI    JAGA STABILITAS HARGA SAAT RAMADAN, DINAS PERDAGANGAN SURABAYA GELAR OPERASI PASAR DI 31 KECAMATAN    WAGUB NTB TEGASKAN TIDAK ADA PELANGGARAN HAM DALAM PEMBANGUNAN SIRKUIT MANDALIKA    POLISI MASIH MENYELIDIKI PENYEBAB KEBAKARAN DI GEDUNG BLOK C PASAR MINGGU, JAKSEL, PADA SENIN 12 APRIL 2021   SATGAS DORONG GENERASI MUDA BANTU KELOMPOK LANSIA DAPATKAN VAKSINASI COVID-19    KEMENKO PMK DORONG RUU PERLINDUNGAN PEKERJA RUMAH TANGGA SEGERA DISAHKAN    CEGAH KORUPSI DENGAN SISTEM ELEKTRONIK, MENSOS HARAP DATA YANG ADA DAPAT DIKETAHUI TRANSPARAN OLEH MASYARAKAT    CEGAH TERJADINYA CELAH KORUPSI, SELURUH OPERASIONAL PADA KEMENSOS AKAN DIUBAH DENGAN SISTEM ELEKTRONIK    POLRI: DAFTAR DPO TERDUGA TERORIS DI JAKARTA BERTAMBAH YAKNI DUA WARGA JAKARTA SELATAN    PT KCI PERBOLEHKAN PENUMPANG UNTUK MAKAN DAN MINUM DI DALAM KERETA SAAT WAKTU BERBUKA PUASA    KEMENKUMHAM SALURKAN BANTUAN RP 800 JUTA UNTUK MASYARAKAT TERDAMPAK BENCANA DI INDONESIA    MUI: VAKSINASI COVID-19 TIDAK MEMBATALKAN PUASA, KONDISI KESEHATAN TETAP DIPERHATIKAN    JUBIR SATGAS: WAKTU YANG TERBAIK SAAT MENERIMA VAKSIN ADALAH SAAT KONDISI BADAN MASIH SEGAR    JUBIR SATGAS SARANKAN VAKSINASI COVID-19 DI BULAN RAMADAN DILAKUKAN PAGI HARI