Kompas TV video cerita indonesia

Satgas Covid-19 Tak Sarankan Pakai Tali Strap untuk Masker, Tapi Pakai Ini..

Kompas.tv - 26 Februari 2021, 14:28 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan bahwa penggunaan strap dan kalung tali masker tidak disarankan.

Wiku menyarankan masyarakat menggunakan kantong atau kantong kertas untuk menyimpan masker sementara saat hendak makan ataupun minum.

Hal ini disampaikan saat konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (25/2)

"Paling ideal dan terbaik yang bisa dilakukan adalah menggunakan kantong baik kertas maupun kantong berbahan lain yang aman untuk penyimpanan masker saat makan dan atau minum dan ditutup dengan rapat," kata Wiku

Hal ini juga merespon banyaknya penggunaan strap atau kalung tali masker yang sering digunakan kalangan anak muda.

Wiku juga mengatakan, pemakaian strap berpotensi mengurangi hgienitas karena setelah dipakai, masker bagian dalam sudah terkontaminasi droplet saat penggunanya bicara atau hela napas yang kotor.

Strap masker juga bisa menjadi sumber infeksi bagi pengguna maupun orang-orang yang berada di sekitarnya.

Karena bukan tidak mungkin droplet yang mengandung virus dan menempel pada strap masker dapat menyebar ke lingkungan tersebut.

"Hal ini dapat menjadi sumber infeksi bagi orang sekitarnya maupun terpapar droplet dan aerosol dari lingkungan dan dapat terhirup dan menjadi sumber infeksi bagi pemakainya," terangnya.

"Pada prinsipnya kita harus menjaga higienitas tangan kita saat hendak menggunakan maupun melepaskan masker. Pastikan bahwa masker ini menutupi hidung dan mulut dengan sempurna," katanya.

Sebelumya Wiku juga jelaskan, ia menyarankan masyarakat tak gunakan masker yang memiliki katup udara, karena keberadaan katup pada masker berpotensi menjadi celah masuknya virus.

Video Editor: Agung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x