Kompas TV regional berita daerah

Ganjar koordinasi dengan BMKG terkait curah hujan tinggi

Jumat, 26 Februari 2021 | 13:51 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV - Terkait kondisi cuaca ektrem akhir-akhir ini, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menggelar rapat koordinasi dengan BMKG pusat dan BMKG Jawa Tengah. Hujan deras yang terjadi akhir-akhir ini akibat bibit siklon tropis dan cuaca ektrem yang diperkirakan akan terjadi hingga awal Maret 2021.

Usai rapat koordinasi dengan BMKG pusat dan BMKG Jawa Tengah, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar pranowo mendapatkan banyak masukan jangka panjang, diantaranya untuk perencanaan pembangunan kedepannya, harus mempertimbangkan cuaca dan mitigasi bencana. 

Ganjar juga mengharapkan masyarakat untuk selalu memantau kondisi cuaca yang dirilis BMKG, sebagai upaya untuk mengantisipasi bencana banjir yang terjadi akhir-akhir ini. Kondisi cuaca ekstrim sebagai dampak dari pemanasan global ini masih akan terjadi.  

Sementara itu Kepala BMKG pusat, Dwikorita Karnawati mengatakan cuaca hujan yang terjadi akhir-akhir ini selain karena cuaca yang ekstrim, juga karena pengaruh bibit siklon tropis.

Akibat curah hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan sejumlah kawasan di Kota Semarang terendam banjir. Banjir yang terjadi kali ini, kondisinya merata dan meluas, karena beberapa daerah yang sebelumnya tidak pernah kebanjiran, kini juga terendam.

#BMKG #CuacaEkstrem #Banjir

 

Penulis : KompasTV Jateng





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:57
KPK PERPANJANG MASA PENAHANAN EKS DIRUT PT PELINDO II RJ LINO HINGGA 24 MEI 2021   PRESIDEN JOKOWI SEBUT KURVA KASUS COVID-19 AKAN TURUN SETELAH 70 JUTA PENDUDUK DIVAKSINASI   PRESIDEN INGATKAN PENANGANAN SEKTOR EKONOMI MAUPUN KESEHATAN YANG TERDAMPAK PANDEMI BERJALAN SECARA BERIRINGAN   PRESIDEN JOKOWI MEWANTI-WANTI KEPALA DAERAH TAK MEMPERLAMBAT IZIN INVESTASI   PRESIDEN JOKOWI MINTA KEPALA DAERAH YANG BARU TERPILIH PADA PILKADA 2020 BEKERJA SECARA CEPAT   BPOM: KOMPONEN UTAMA PEMBUATAN VAKSIN NUSANTARA DIIMPOR DARI AMERIKA SERIKAT   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD INGATKAN KEPALA DAERAH HINDARI PERILAKU KORUPTIF DAN DAPAT JALANKAN AMANAH   MENTERI BUMN ERICK THOHIR AKAN BERIKAN DUKUNGAN MAKSIMAL UNTUK KESUKSESAN PENYELENGGARAAN FIBA ASIA CUP 2021   PRESIDEN JOKOWI MEMINTA PENYELENGGARAAN KOMPETISI LIGA 1 DAN LIGA 2 DISIAPKAN SECARA MATANG   KAKORLANTAS POLRI IRJEN ISTIONO SEBUT TERDAPAT 333 POS PENYEKATAN MUDIK LEBARAN 2021   OMBUDSMAN MINTA PERTAMINA GANTI RUGI WARGA TERDAMPAK LEDAKAN KILANG MINYAK BALONGAN, INDRAMAYU, JABAR   POLDA JAWA BARAT MINTA PEMDA DATA PEMUDIK SUDAH PULANG KAMPUNG DULUAN   LARANGAN MUDIK LEBARAN, POLDA JAWA BARAT SIAPKAN 120 TITIK PENYEKATAN   KAPOLRI HARAP PERPANJANG SIM DI APLIKASI DARING HAPUS CELAH CALO