Kompas TV regional kriminal

Terbongkar Penimbun Minyak Tanah Subsidi, Dijual Online dengan Harga Tinggi

Jumat, 26 Februari 2021 | 13:50 WIB

PAPUA, KOMPAS.TV - Satuan Reskrim Polres Merauke membongkar praktik penjualan bahan bakar bersubsidi melalui situs belanja.  

Satu orang pelaku tidak ditahan karena bersikap kooperatif dan memiliki anak kecil.

Dari 2 tempat di Kota Merauke yaitu kawasan Polder dan Jalan Mandala, Satuan Reskrim Polres Merauke mengamankan sekitar 100 liter bahan bakar minyak tanah bersubsidi yang dijual jauh diatas harga eceran tertinggi.

Salah satu pelaku yang merupakan ibu rumah tangga menjual harga minyak tanah bersubsidi dengan harga Rp 5.000,- sampai Rp 8.000,- per liter di situs belanja online, jauh diatas harga eceran tertinggi sebesar Rp 3.500,- per liter.

Modusnya, pelaku melakukan antre pembelian bahan bakar minyak tanah secara acak pada sejumlah agen dan pangkalan, selanjutnya ditimbun pada suatu tempat dan dijual melalui  forum jual beli.

Pelaku untuk sementara tidak ditahan dengan alasan memiliki anak kecil dan polisi masih melakukan pengembangan kasus ini.

Polisi mengancam pelaku dengan Undang-undang Migas No. 22 Tahun 2001 tentang penjualan barang bersubsidi dengan harga diatas harga het dengan ancaman hukuman 6 tahun kurungan penjara.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:52
MENTERI LHK SITI NURBAYA MINTA PENGENDALIAN KARHUTLA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA HARUS TERUS DILAKUKAN    KEMENKES: JUMLAH LANSIA YANG MENERIMA VAKSINASI COVID-19 DI DKI JAKARTA TERBANYAK DIBANDING DAERAH LAIN   LANGGAR ATURAN PPKM, KASATPOL PP DKI ARIFIN SEBUT DUA KAFE DI JAKPUS DAN JAKUT DILARANG BUKA 3X24 JAM   DEWAN PENASEHAT PERBAKIN BAMBANG SOESATYO IMBAU ANGGOTANYA TAK GUNAKAN SENJATA API UNTUK AROGANSI   PRESIDEN KSPI SAID IQBAL SEBUT UNJUK RASA BURUH PADA 12 APRIL 2021 DIGELAR SECARA FISIK DAN VIRTUAL   KSPI: HAK THR 1.487 KARYAWAN DARI 13 PERUSAHAAN MASIH BELUM DILUNASI KARENA DICICIL PADA 2020   KEPALA BMKG DWIKORITA IMBAU MASYARAKAT JATIM WASPADA DAMPAK HUJAN LEBAT DAN LONGSOR SETELAH GEMPA MALANG   BMKG MEMPREDIKSI HUJAN DENGAN INTENSITAS SEDANG HINGGA LEBAT TERJADI DI SEJUMLAH WILAYAH JAWA TIMUR   GUBERNUR KHOFIFAH MINTA POSKO PENGUNGSIAN GEMPA HARUS TERSEDIA DI BANYAK TITIK UNTUK MENJANGKAU MASYARAKAT   HARI INI, GUBERNUR JATIM KHOFIFAH INDAR PARAWANSA MENINJAU TIGA LOKASI TERDAMPAK GEMPA MALANG   BPBD KABUPATEN DAN KOTA MENDIRIKAN POSKO SETELAH GEMPA YANG TERJADI DI WILAYAH MALANG    BNPB: SEBANYAK 1.189 RUMAH DAN 150 FASILITAS UMUM RUSAK AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 YANG GUNCANG MALANG   BNPB: HINGGA 11 APRIL 2021, 8 ORANG MENINGGAL DUNIA AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 YANG GUNCANG MALANG DAN SEKITARNYA   PT ANGKASA PURA II DUKUNG LARANGAN MUDIK LEBARAN SEBAGAI PEMBATASAN OPERASIONAL TRANSPORTASI UDARA