Kompas TV klik360 back to bdm

Hendardi: "Godfather" Aktivis HAM, Penculikan, Hingga Pemilik Banyak KTP - Back to BDM

Jumat, 26 Februari 2021 | 20:01 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tak berlebih jika ada yang menjuluki Hendardi sebagai “godfather” aktivis. Ketua Badan Pengurus Setara Institue ini telah begitu lama terjun memperjuangkan keadilan.

Sejak zaman Orde Baru, ia telah mempertaruhkan nyawa demi hak asasi orang-orang yang ditindas rezim. Saat itu, berbagai cara dilakukannya dalam perjuangan kemanusiaan, bahkan sampai memiliki banyak identitas demi keselamatan dirinya.

Dalam episode Back to BDM kali ini, Hendardi menceritakan kisahnya sebagai pegiat HAM saat pergolakan Daerah Operasi Militer (DOM) Aceh, Timor Timur, hingga penculikan para aktivis.

Baca Juga: Prof. Hikmahanto Juwana: Dari Tik Tok, Stand Up Comedian, Hingga Isu Myanmar - Back to BDM

Ia juga berkomentar soal kritik yang ramai dilontarkan para aktivis kepada Pansel Capim KPK 2019-2023, di mana kala itu ia menjadi anggota.

Ikuti selengkapnya dalam program Back to BDM 'Aktivis, Penculikan, dan Multi-identitas' bersama Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas sekaligus host Satu Meja, Budiman Tanuredjo berikut ini.

#Hendardi #AktivisHAM #BacktoBDM

Penulis : Desy Hartini





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:23
SEBANYAK 10 JUTA BIBIT MANGROVE DISIAPKAN UNTUK REHABILITASI 27.244 HEKTAR WILAYAH IBU KOTA NEGARA DI KALTIM   SAAT INI, ADA 50 MINIMARKET YANG BERDIRI DAN BEROPERASI DI KOTA PASURUAN   LINDUNGI AKTIVITAS EKONOMI UMKM, PEMKOT PASURUAN HENTIKAN SEMENTARA PEMBERIAN IZIN PENDIRIAN MINIMARKET   BUPATI LEMBATA, NTT, TETAPKAN STATUS TANGGAP DARURAT BENCANA BANJIR BANDANG, DAN LONGSOR HINGGA 17 APRIL 2021   BMKG PASTIKAN SIKLON TROPIS SEROJA TAK BERDAMPAK SIGNIFIKAN DI WILAYAH JATENG   POLRI BAKAL TINDAK TEGAS DENGAN MEMUTARBALIKKAN KENDARAAN YANG MASIH NEKAT MUDIK LEBARAN 2021   PEMKOT SOLO IZINKAN GELAR SHALAT TARAWIH BERJEMAAH DI MASJID DENGAN KAPASITAS 50%   POLISI SEBUT ADA 30 NASABAH BRI CIANJUR YANG JADI KORBAN SALDO TABUNGAN HILANG DENGAN DUGAAN "SKIMMING"   WAGUB DKI: MASIH BANYAK ORANGTUA YANG MERAGUKAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI SEKOLAH   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA SEBUT SEKOLAH TATAP MUKA DI JAKARTA AKAN DIPERLUAS JIKA UJI COBA BERHASIL   UJI COBA BELAJAR TATAP MUKA 85 SEKOLAH DI DKI JAKARTA DILAKUKAN HINGGA 29 APRIL 2021   HARI INI, 85 SEKOLAH BERBAGAI TINGKATAN DI DKI JAKARTA LAKUKAN UJI COBA BELAJAR TATAP MUKA   DENSUS 88 POLRI GEREBEK RUMAH TERDUGA TERORIS DI TANJUNG BARAT, JAGAKARSA, JAKARTA SELATAN   ICW TELAH AJUKAN UJI MATERI UU KPK KE MK SOAL LARANGAN KPK MENERBITKAN SP3